FAKULTAS SASTRA UNIVERSITAS SANATA DHARMA

Sistem Penyelenggaraan Pendidikan

Penyelenggaraan pendidikan pada Prodi Sejarah mengacu pada Peraturan Akademik Universitas Tahun 2010 sebagai berikut:

  1. Program Sarjana pada Prodi Sejarah adalah program pendidikan tinggi yang diselenggarakan dengan menggunakan Sistem Kredit Semester (SKS), yang dijadwalkan untuk 8 semester
  2. Sistem Kredit Semester adalah sistem penyelenggaraan pendidikan yang menyatakan beban studi mahasiswa dan beban penyelenggaraan pendidikan dengan satuan kredit atas dasar satuan waktu semester yang setara dengan 16-19 minggu kuliah atau kegiatan terjadwal lainnya, termasuk 2 sampai 3 minggu kegiatan penelitian.
  3. Satuan Kredit Semester (SKS) adalah takaran penghargaan untuk pengalaman pembelajaran yang diperoleh melalui 1 jam kegiatan terjadwal yang disertai tugas terstruktur 1-2 jam per minggu dan tugas mandiri selama 1-2 jam per minggu dalam 1 semester.
  4. Besar satu satuan kredit untuk setiap kegiatan pendidikan ditentukan oleh banyaknya jam kerja per minggu per semester yang diperlukan untuk melaksanakan kegiatan itu sampai selesai.
  5. Satu satuan kredit untuk perkuliahan teori setara dengan 170 menit per minggu dalam satu semester yang dirinci sebagai berikut:
    • Pertemuan terstruktur dan terjadwal dengan dosen selama 50 menit.
    • Kegiatan pembelajaran terstruktur, yaitu kegiatan yang direncanakan dosen, tetapi tidak terjadwal selama 60 menit.
    • Kegiatan pembelajaran mandiri yaitu kegiatan pembelajaran yang dilakukan mahasiswa atas prakarsa sendiri untuk mendalami bahan pembelajaran selama 60 menit.
  6. Satu satuan kredit untuk seminar atau kapita selekta diperhitungkan sama dengan 1 satuan kredit untuk pembelajaran teori.
  7. Satu satuan kredit untuk perkuliahan praktik setara dengan 2x50 menit pertemuan terjadwal, 60 menit kegiatan pembelajaran terstruktur, dan 60 menit kegiatan mandiri.
  8. Satu satuan kredit untuk praktik lapangan setara dengan 4x60 sampai 5x60 menit per minggu atau 64 sampai 80 jam per semester.

Kembali