USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Pelantikan Insinyur dan Sumpah Profesi Bagi 8 Lulusan PSPPI USD Jumat, 22 Maret 2024

diupdate: 1 bulan yang lalu

x


Jumat, 22 Maret 2024, Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Universitas Sanata Dharma (USD) menyelenggarakan pelantikan insinyur dan sumpah profesi bagi delapan mahasiswa lulusan Program Studi Program Profesi Insinyur (PSPPI) angkatan IV. 

Pelantikan diselenggarakan di R. Seminar Driyarkara dan dihadiri oleh calon insinyur beserta keluarga, Wakil Rektor (WR) I, Dekan FST, Kaprodi PSPPI, Ketua Ikatan Alumni Sanata Dharma (Ikasadha), dan Rohaniawan. Acara dimulai dengan Laporan Kaprodi yang dibacakan langsung oleh Kaprodi PSPPI kemudian dilanjutkan dengan kata sambutan dari WR I. 
 
x

Dalam kata sambutan tersebut, Prof. Ir. Sudi Mungkasi, Ph.D. selaku WR I dan perwakilan rektorat menuturkan bahwa para calon insinyur lulusan USD ini nantinya dapat memiliki sikap dan sifat yang baik dan membangun bangsa.

"Berdasarkan data ada korelasi positif antara pertumbuhan suatu negara dengan banyaknya insinyur, maka kami berharap kalian memiliki sikap berintegritas, profesional, jujur dan berpegang teguh pada nilai-nilai USD serta yang tidak kalah penting,  membawa dan bertanggungjawab atas janji dan sumpah yang diucapkan nanti," tambahnya.

Setelah kata sambutan, acara dilanjutkan dengan pelantikan insinyur dimana delapan lulusan menerima sertifikat Profesi Insinyur, helm Insinyur, dan pemberian pin Ikasadha. 

Setelah pelantikan, para lulusan didampingi oleh rohaniawan melakukan pengambilan sumpah profesi insinyur yang dipimpin oleh WR I dan dilanjutkan  penandatanganan sumpah profesi yang diwakili oleh Ir. Tri Haryanto, S.T. selaku perwakilan lulusan.

x

Tri sebagai satu-satunya lulusan yang berasal dari pihak eksternal mengatakan bahwa motivasi mengikuti program profesi di USD adalah keperluan untuk mendapatkan sertifikasi profesi yang tidak bisa didapatkan di tempat asalnya agar bisa mendirikan konsultan teknik.
 
"Saya setelah mendapatkan sertifikat profesi ini berencana dengan teman-teman alumni pensiunan PLN untuk membangun usaha yang sifatnya konsultan teknik, di tempat saya kebetulan belum tersedia dan ketika saya tanya di USD bisa, maka saya ambil kesempatan tersebut," ungkapnya.

(VS/KSM/JK- Humas).

  kembali