USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Prodi Akuntansi FE USD Raih Peringkat Akreditasi 'Baik Sekali'

diupdate: 2 minggu yang lalu

*

USD - 22 April 2024, Berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional no 3174/SK/BAN-PT/Ak.KP/S/IV 2024, Program Studi Akuntansi Fakultas EKonomi USD meraih peringkat akreditasi Baik Sekali. Capaian peringkat ini didapatkan melalui pengajuan Instrumen Suplemen Konversi (ISK) pada bulan Maret yang lalu.
 
Dilansir dari Peraturan BAN PT no 2 tahun 2020, Instrumen Suplemen Konversi (ISK) digunakan oleh perguruan tinggi atau program studi untuk melakukan konversi peringkat akreditasi dari A ke Unggul, B ke Baik sekali dan C ke Baik. ISK adalah instrumen akreditasi tambahan yang digunakan untuk pengambilan keputusan konversi peringkat terakreditasi yang diperoleh dengan Instrumen Akreditasi Perguruan Tinggi 7 Standar menjadi peringkat akreditasi baru sesuai dengan instrumen APT 3.0, yang menitikberatkan pada pelampauan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN-Dikti) dan transisi menuju outcome-based accreditation.

*
 
Dari hasil pengajuan ISK, Prodi AKuntansi FE USD yang sebelumnya terakreditasi  B, berhasil meraih peringkat akreditasi BAIK SEKALI dengan nilai 354.  Terkait raihan peringkat ini, Ketua Program Studi Akuntansi, Dr. Firma Sulistiyowati, Akt. mengungkapkan rasa syukur dan terima kasihnya.
 
"Kami bersyukur atas raihan peringkat baru akreditasi Prodi Akuntansi USD dari peringkat B menjadi Baik Sekali. Kami juga berterima kasih kepada semua pihak yang telah ikut terlibat dalam meraih pencapaian tersebut," ungkapnya.
 
Firma juga mengungkapkan harapan ke depan atas peringkat akreditasi ini.
 
"Kami berharap untuk proses reakreditasi selanjutnya Prodi Akuntansi mampu meningkatkan kualitasnya agar menjadi unggul dan menghasilkan lulusan yang mampu berkompetisi di dunia kerja. Dan bagi dosen Prodi Akuntansi semakin meningkatkan karya nyatanya melalui Tridharma PT," tambahnya.

*
 
Senada dengan ungkapan Kaprodi, Dekan Fakultas Ekonomi USD, Tiberius Handono Eko Prabowo, Ph.D., mengungkapkan bahwa capaian ini pantas untuk disyukuri. 
 
“Kami keluarga besar FE USD beryukur atas capaian melalui Instrumen Suplemen Konversi (ISK) Akreditasi Prodi Akuntansi memperoleh peringkat akreditasi Baik Sekali. Sejalan dengan target Renstra FE 2024-2028, by design tiga prodi di FE memang dipersiapkan melalui tata kelola dan tata pamong yang profesional. Tentu bagi prodi Akuntansi demikian juga Prodi Manajemen, Prodi Ekonomi, dan Prodi S2 Manajemen, diharapkan terus berkinerja Tri Dharma PT lebih baik dan terus lebih baik lagi sehingga terakreditasi Unggul sekaligus menjamin keunggulan kompetitif, kemandirian dan keberlanjutan,” ujarnya.
 
(AFH)
 

  kembali