USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Workshop Arduino dan Small Scale Science Wujud Kolaborasi USD dan Sogang University

diupdate: 1 bulan yang lalu




Prof. Dae-Hong Jeong dari Chemistry Education, Seoul National University, Korea Selatan bergabung dengan tim dari Sogang University, Korea Selatan yang terdiri dari beberapa dosen, staf, dan mahasiswa sebagai narasumber Workshop Arduino di Universitas Sanata Dharma (USD). Workshop yang berlangsung pada hari Senin-Selasa, 13-15 Januari 2020 ini diikuti perwakilan dosen dan mahasiswa dari program studi yang berada di Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (JPMIPA) USD yaitu Pendidikan Matematika, Pendidikan Fisika, Pendidikan Biologi, Pendidikan Kimia, dan Pendidikan Matematika Program Magister.

Bertempat di STEAM Learning Center USD (yang diresmikan pada tanggal 6 September 2019), kegiatan ini memperkenalkan teknologi Arduino. Proyek yang dibuat dalam workshop ini mulai dari menyalakan lampu LED, menyalakan OLED, mengukur suhu ruangan dan kelembabannya, menampilkannya ke display OLED, dengan wifi menampilkan hasil pengukuran di web, dari web mengontrol lampu LED agar bisa menyala dan mati serta berkedip. “Workshop singkat ini sangat menarik, membuat peserta ingin masuk lebih dalam mempelajari Arduino agar bisa berguna untuk penyampaian materi di sekolah nantinya.” ungkap Yafet, mahasiswa Pendidikan Matematika asal Alor, NTT.

Di hari ketiga, Rabu, 15 Januari 2020 acara diisi dengan workshop ­Small Scale Science (SSS) dengan narasumber para mahasiswa dari program studi Pendidikan Kimia USD yang sudah ditunjuk. Tim Sogang University berbaur masuk kelompok dari perwakilan dosen dan mahasiswa program studi Pendidikan Kimia, Pendidikan Fisika, dan Pendidikan Biologi. Di hari ketiga ini, proyek kecil yang dibuat peserta adalah mensentrifus darah dengan menggunakan gasing benang, mengamati pemantulan cahaya dari air ke udara, membuat alat listrik sederhana menggunakan magnet yang dihubungkan dengan baterai dan kabel, dan mengamati secara kuantitatif aktivitas enzim berdasarkan perubahan lingkungan. Keseruan dari workshop ini adalah menciptakan kelas IPA yang menarik dengan memanfaatkan barang yang ada di sekitar kita.

(mds)

  kembali