USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Optimalkan Pelaksanaan Audit Mutu Internal, LPMAI Gelar Pelatihan dan Penyegaran Auditor Internal

diupdate: 2 minggu yang lalu

*

USD, Selasa-Rabu, 16-17 April 2024 di R. Seminar Driyarkara Kampus II, Lembaga Penjaminan Mutu dan Audit Internal (LPMAI) USD menyelenggarakan Pelatihan dan Penyegaran Auditor Internal. Pelatihan yang menghadirkan narasumber Prof. Dr. L. Hartanto Nugroho, M.Agr. dan Ir. Ig. Aris Dwiatmoko, M.Sc ini diiukti oleh 86 peserta, yang terdiri dari 50 auditor internal dan 36 orang calon auditor internal.

Kepala LPMAI, Dr. apt. Yustina Sri Hartini, menyampaikan bahwa USD perlu menambah jumlah auditor internal dalam rangka mengoptimalkan pelaksanaan audit mutu internal (AMI).

"AMI merupakan salah satu cara evaluasi dalam siklus PPEPP SPMI. Saat ini USD memiliki 50 orang auditor internal, untuk mengoptimalkan pelaksanaan AMI di USD, LPMAI selaku unit yang mengkoordinir pelaksanaan AMI perlu menambah jumlah auditor internal. Melalui pelatihan ini diharapkan para auditor baru ini dapat mendukung pelaksanaan AMI tahun 2024," ujarnya.

x

Yustina menambahkan bahwa kegiatan pelatihan dan penyegaran ini dilaksanakan sebagai respon atas Permendikbudristek No 53 tahun 2023 tentang Sistem Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi.

"Bulan Agustus 2023, pemerintah memberlakukan Permendikbudristek No. 53 tahun 2023 tentang Sistem Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi. LPMAI juga memfasilitasi diskusi terkait implementasi SPMI dan SPME pasca pemberlakuan Permendikbudristek tersebut, sehingga para auditor dan calon auditor dapat lebih memahami makna dari isi ketentuan peraturan tersebut dalam pelaksanaan SPMI di USD serta proses pengajuan akreditasi baik di level perguruan tinggi maupun Prodi," ungkapnya.

x

Pada pelatihan dan penyegaran hari pertama, para narasumber mengajak peserta untuk melakukan studi bersama tentang beberapa hal seperti Sistem Penjaminan Mutu Internal dan Eksternal, Evaluasi Permendikbudristek no 53 tahun 2023 serta dan Teori Audit Mutu Internal.

Sementara pada hari ke-dua, para peserta diajak untuk berdiskusi tentang perencanaan dan pelaksanaan audit mutu internal. Tidak hanya itu, pada hari kedua ini para peserta juga melakukan praktik audit kecukupan dan lapangan.


(AFH)
 

  kembali