USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Koordinasi dan Penandatanganan IA Program Praktisi Mengajar Periode 4

diupdate: 4 minggu yang lalu

 *
 
USD - Kamis, 4 April 2024, Universitas Sanata Dharma (USD) menyelenggarakan koordinasi dan IA (Implementation Arrangement) Program Praktisi Mengajar Periode 4. Kegiatan yang dilaksanakan secara bauran (hybrid) dari Ruang Koendjono, Gedung Pusat Kampus II Mrican ini dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Wakil Rektor Bidang Kerjasama, Kehumasan dan Alumni, serta Koordinator MBKM, praktisi, dan pengelola Program Praktisi Mengajar.
 
Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Ir. Sudi Mungkasi, Ph.D., WR I mengungkapkan bahwa Program Praktisi Mengajar penting karena program ini diarahkan agar lulusan USD lebih siap masuk ke dunia kerja serta terciptanya kolaborasi antara praktisi di dunia kerja dan akademisi di dunia pendidikan.
 
“Praktisi Mengajar intinya ada tiga tujuan, pertama, untuk menutup kesenjangan kompetensi lulusan baru yang dibutuhkan dunia kerja. Kedua, mendorong kerja sama antara dunia kerja dan dunia pendidikan. Ketiga, meningkatkan relevansi skill para lulusan baru,” ungkapnya.

*
 
Sementara itu, Koordinator MBKM USD, Christina Kristiyani M.Pd., Ph.D., menyampaikan bahwa pada pelaksanaan  program Praktisi Mengajar periode 4 di USD, terjadi peningkatan yang signifikan. 
 
“USD sudah menjalankan program Praktisi Mengajar selama 3 periode dan semakin banyak partisipasi dari Fakultas maupun Prodi. Pada periode 4 ini sangat spesial karena terdapat kenaikan pesat dalam jumlah kelas yang mencapai angka 27 dari yang sebelumnya hanya 7 kelas,” tuturnya.
 
Sebanyak  9 Program Studi dari 4 Fakultas di USD terlibat dalam program Praktisi Mengajar, yaitu Program Studi D3-Teknologi Elektromedis dan D4-Teknologi Rekayasa Mekatronika (Fakultas Vokasi);  Program Studi Farmasi (Fakultas Farmasi), Program Studi Manajemen (Fakultas Ekonomi); serta Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Keagamaan Katolik, dan Pendidikan Biologi (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan). 

*
 
Dalam kegiatan koordinasi pelaksanaan program Praktisi Mengajar ini juga dilakukan penandatanganan IA antara USD dengan para praktisi yang terlibat. Sebagai pihak pelaksana program, USD diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Kerjasama, Kehumasan dan Alumni, Caecilia Tutyandari, Ph.D. 
 
Pada semester genap tahun Akademik 2023/2024, sebanyak 27 orang praktisi dari berbagai bidang, baik dari pemerintahan, kesehatan, pendidikan, dunia industri, profesional maupun seniman akan membagikan ilmunya kepada mahasiswa USD. 
 
(VS/DKS)

  kembali