USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Pimpinan USD Menghadiri General Assembly ACUCA Indonesia 2024

diupdate: 1 bulan yang lalu

 
 
USD – Jumat dan Sabtu, 15-16 Maret 2024, Wakil Rektor IV USD, Caecilia Tutyandari, Ph.D., menjadi mewakili pimpinan Universitas Sanata Dharma menghadiri General Assembly ACUCA (Association of Christian Universities and Colleges in Asia) Indonesia 2024. Kegiatan ini dilaksanakan di Universitas Dhyana Pura, Dalung, Kuta Utara. 
 
ACUCA adalah konsorsium yang terbentuk pada tahun 1976, yang merupakan bentuk kerjasama universitas berbasis Kristen dan Katolik yang merupakan konsorsium yang aktif dalam berbagai kegiatan. Hingga saat ini, ACUCA memiliki 15 anggota yang tersebar di berbagai kota mulai dari Jakarta berada di paling barat, hingga Universitas Widya Mandira di kota Kupang. Kegiatan yang berlangsung dua hari ini 
 
Dalam kegiatan ini, Rektor Dhyana Pura, Dr. I Gusti Bagus Rai Utama menyampaikan keinginannya dalam berkontribusi untuk kemajuan bangsa dalam bidang pendidikan. 
 
“Bahwa asosiasi ini merupakan wadah dalam mengajukan visi dan misi dalam penyelenggaraan universitas di indonesia dlm konteks asosiasi Kristen dan Katolik. Kami juga ingin memiliki kontribusi dalam hal pendidikan di Indonesia” Tuturnya. 
 
 
Selain itu, Mantan Presiden ACUCA, Prof. Dr. (HC) Willi Toisuta, Ph.D, menyampaikan pemikiran awalnya dalam mengumpulkan komunitas universitas Kristen dan Katolik di Asia sebagai bentuk kepentingan bersama. 
 
“Besar harapan kita bersama ini bahwa teman-teman di negara ini secara relevan dan sadar mengetahui apa yang menjadi kepentingan dalam mengembangkan perguruan tinggi dan juga bagi kepentingan negara Indonesia. Kegiatan ini menjadi bentuk  sharing and pouring resources  yang berarti mengumpulkan bersama-sama, bekerja bersama, dan untuk kepentingan bersama”
 
Pertemuan ini diakhiri dengan foto bersama, serta penanaman pohon sawo di area Universitas Dhyana Pura. Diharapkan, pertemuan dua hari tersebut mampu menjadi katalis yang baik untuk berbagai program maupun inisiatif lainnya untuk kegiatan lain kedepannya. 

(ER-AFH/Humas)

  kembali