USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Seminar Prodi Ekonomi: Akselerasi Pertumbuhan Ekonomi Bersiap Melangkah Menuju Indonesia Emas 2045

diupdate: 7 bulan yang lalu

dok., Humas USD

Senin, 11 September 2023, Program Studi Ekonomi mengadakan seminar dengan tema “Akselerasi Pertumbuhan Ekonomi Menuju Indonesia Emas 2045”. Seminar yang dimodeartori oleh  Rony Sugiarto, S.Pd., S.E., M.M  (Wakil Pemred Kedaulatan Rakyat Yogyakarta) ini menghadirkan dua narasumber, yaitu Dr. Cyrillus Harinowo, M.A. Ph. D. (Komisaris PT. Bank Central Asia), dan Dr. Y Sri Susilo, S.E., M.Si. (dosen Fakultas Bisnis Ekonomi di Universitas Atma Jaya Yogyakarta). Kegiatan yang membahas mengenai pertumbuhan ekonomi negara ini diselenggarakan R. Seminar Driyarkara, Kampus II. 

Indonesia Emas 2045 merupakan sebuah visi yang menjadi target ambisius untuk mencapai target sebagai negara maju yang tentunya tidak lepas dari tantangan yang memerlukan strategi matang dan sinergi lintas sektor. Pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan siap bersaing adalah kunci untuk mewujudkan Indonesia emas 2045. Sumber daya alam yang sangat luar biasa dan sumber daya manusia yang sangat berpotensial menjadi modal untuk kemajuan pencapaian Indonesia emas 2045. Namun, hal tersebut tentu memiliki hambatan dan kendala yang akan turut hadir dalam proses menuju pencapaian Indonesia emas 2045.

Ketua Program Ttudi Ekonomi Universitas Sanata Dharma, Dr. Laurentius Bambang Harmanto, M. Si turut hadir dalam kegiatan seminar dan memberi sambutan dalam pembukaan seminar. “Acara ini menjadi bagian yang tidak dapat terpisahkan dalam kegiatan kita bersama. Harapannya semua informasi dalam seminar ini dapat menjadi pijakan bagi seluruh mahasiswa di dalam proses pembelajaran berikutnya. Terutama kehadiran narasumber yang sangat luar biasa dan tentunya sangat bermanfaat bagi kita semua” tuturnya.

dok., Humas USD

“Seminar ini bertujuan untuk semakin memahami visi Indonesia emas 2045 serta menjadi wadah untuk semua yang berkecimpung di dunia perekonomian untuk saling berdiskusi sekaligus bertukar ide dan gagasan. Seminar ini diharapkan dapat menyajikan pengalaman yang mendalam mengenai potensi ekonomi yang besar sebagai akselerator untuk menggerak ekonomi Indonesia menuju Indonesia emas 2045” tutur Deo Gracia Kristanto selaku ketua panitia seminar.
 
Indonesia adalah negara besar yang memiliki modal sangat luar biasa untuk menuju Indonesia emas 2045. Koridor pertumbuhan ekonomi sudah ada di depan kita semua dan tentunya kitalah yang akan melanjutkannya untuk mencapai keemasan perekonomian Indonesia. Hilirisasi ekonomi menjadi strategi lompatan besar peradaban negara untuk pemanfaatan potensi dalam negeri semakin maksimal. Pemerataan pembangunan, penurunan kemiskinan, dan pengangguran menjadi tantangan bagi kita semua yang harus segera diselesaikan hingga ke akarnya. Kunci utama untuk mencapai hal-hal tersebut adalah mengubah mindset dan menumbuhkan spirit bangga serta percaya diri bagi masyarakat terutama para generasi muda untuk mewujudkan Indonesia emas 2045. Generasi muda inilah yang harus berani berpikir kritis dan optimis siap mewujudkan mimpi Indonesia emas 2045.


BR - HUMAS USD
 

  kembali