USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Penutupan Ignatian Leadership Training Kolaborasi USD-ISJB Timor Leste

diupdate: 7 bulan yang lalu

dok. Humas

Jumat, 15 September 2023, Universitas Sanata Dharma (USD) menyelenggarakan acara penutupan untuk Program Pelatihan Kepemimpinan yang berkolaborasi dengan Instituto Sao Joao De Brito (ISJB) Timor Leste. Acara penutupan ini diselenggarakan di R. Kadarman, Lt.4 Gedung Pusat, Kampus II USD, Mrican ada pukul 16.00-18.00 WIB. Rektor USD, Rm. Albertus Bagus Laksana, beserta jajaran rektorat hadir sebagai perwakilan dari USD, sedangkan ISJB dihadiri oleh Rektor, Dekan, serta segenap peserta program.

Program Pelatihan Kepemimpinan ini diselenggarakan sebagai bentuk kerja sama dan kolaborasi antara USD dan juga ISJB, tidak hanya sebagai perguruan tinggi Jesuit, tetapi juga sebagai perguruan tinggi yang memiliki fakultas keguruan dan ilmu pendidikan. Program ini diselenggarakan selama sembilan hari, mulai 5 September 2023 sampai dengan 15 September 2023, dan diikuti oleh rektor beserta jajarannya, dekanat, staff, serta dosen dari perwakilan ISJB sebanyak 12 orang. Dalam program ini, USD berperan sebagai fasilitator serta pemateri untuk memberikan insight terkait kepemimpinan, pengelolaan sarana dan prasarana, monitoring dan penjaminan mutu, penyusunan kurikulum, hingga pengelolaan lembaga yang berperan penting bagi mahasiswa serta seluruh civitas akademika.

Fr. Sidelisio Ornai Pereira SJ selaku Rektor ISJB mengungkapkan bahwa selama Program Pelatihan Kepemimpinan yang dilaksanakan bersama dengan USD telah membantu civitas akademika di ISJB dalam mendapatkan sertifikat kepemimpinan, terutama kepemimpinan ignasian dalam perguruan tinggi, serta karakteristik dari Yayasan Jesuit dalam perguruan tinggi. Tidak hanya itu, USD juga telah membantu rekan-rekan dari ISJB untuk lebih mendalami terkait pengelolaan fakultas kependidikan yang berkualitas dan bermutu.

dok. Humas

“Melalui pelatihan ini, kami mendapatkan pemahaman yang lebih dalam terkait kepemimpinan Ignasian serta peran ISJB selaku perguruan tinggi dari Yayasan Jesuit. Pemateri dari USD mengemas secara padat dan mendalam, tetapi mudah dipahami. Kami berterima kasih atas panduan dan
sharing terkait pengelolaan fasilitas, administrasi, dan ketenagakerjaan sebagai institusi yang terfokus ke pendidikan. Kami akan membawa ilmu yang kami dapat dan melakukan pengembangan lebih lanjut sehingga bermanfaat bagi seluruh civitas akademika ISJB, terutama mahasiswa.” Ungkap Fr. Side lebih lanjut.

Dalam sambutannya, sebagai tanggapan atas pidato Fr. Side, Rm. Albertus Bagus Laksana mengungkapkan bahwa USD dengan senang hati membantu Fr. Side beserta ISJB untuk terus berkembang dan berkarya di ranah pendidikan. Beliau juga menyampaikan bahwa rasa Syukur dan terima kasihnya atas kepercayaan yang telah diberikan oleh ISJB kepada USD untuk menjadi fasilitator dalam program pelatihan ini. “Teman-teman dari ISJB telah berhasil melalui program pelatihan untuk meningkatkan dan mengembangkan kepemimpinan serta kemampuan sebagai institusi yang mengabdikan diri dalam pendidikan. USD di sini hanya berperan sebagai fasilitator dan instrumen yang membantu rekan di ISJB untuk terus berkembang. Semoga setiap hal yang telah dilalui bersama selama pelatihan dapat memantik kemampuan dan inisiatif yang telah ada sehingga semakin bertumbuh.” Paparnya lebih lanjut.

dok. Humas

Acara dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat kepada seluruh peserta program pelatihan dari ISJB oleh Rm. Bagus, yang kemudian ditutup dengan foto bersama.

(TPP/BR – Humas)
 

  kembali