USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Bellarminus Day: Meneladani Jalan Kerendahan Hati St. Robertus Bellarminus

diupdate: 7 bulan yang lalu

 
Misa Bellarminus Day 2023 (dok. CM)
 
Perayaan Bellarminus Day diawali dengan Ekaristi Syukur. Perayaan Ekaristi syukur juga dimeriahkan dengan tarian suku Batak. Berbagai bahasa, tarian, dan pernak-pernik budaya khas dari pelbagai daerah yang ada dalam perayaan Ekaristi menjadi selaras dengan semangat tema yang diangkat, yakni “Bertumbuh dalam kebersamaan”. Dalam homili yang disampaikan oleh Romo Agustinus Sugiyo Pitoyo, S.J., umat diajak untuk meneladani kerendahan hati yang dimiliki oleh St. Robertus Bellarminus sekaligus mengajak untuk berefleksi, “Adakah kebersamaan tanpa kerendahan hati?” Dengan meneladani St Robertus Bellarminus, semua orang diajak untuk menjalani hidup melalui jalan kerendahan hati, memiliki kesabaran, ketabahan, dalam kehidupan sehari-hari. 
 
Rektor USD, Albertus Bagus Laksono, SJ memberi sambutan pada Malam Puncak Perayaan Bellarminus Day (dok. CM)
 
Acara ini dilanjutkan dengan Pentas Lintas Iman di halaman depan Kapel St. Robertus Bellarminus dan dimeriahkan serta dihadiri oleh para mahasiswa Universitas Sanata Dharma dari berbagai latar belakang agama diantaranya berbagai komunitas kemahasiswaan seperti, Jalinan Kasih Mahasiswa Katolik (JKMK) menampilkan tarian Ja’i, Cana Community dengan vocal group, English Mass Community dengan modern dance, PMK Apostolos dengan akustik band, dan Kompai dengan live band. Ada pula Pakat Dayak yang menampilkan tarian tradisional suku Dayak, IPAK yang membawakan live band serta tarian kreasi, persembahan vocal group dari para frater Kampus 4 Sanata Dharma, tak lupa juga partisipasi dari UKM Band Sexen yang semakin menyemarakkan kemeriahan Bellarminus Day 2023. Rektor USD, Albertus Bagus Laksana, S.J.,dan Romo Albertus Hartana, S.J. sebagai perwakilan Yayasan Sanata Dharma juga hadir dan menyampaikan sambutan pada acara ini.
 
Misa Bellarminus Day 2023 di Kapel St. Robertus Bellarminus Mrican (dok. USD)

Bellarminus Day 2023 bukanlah sekadar perayaan besar bagi satu penganut agama tertentu saja. Seperti semangat “Bertumbuh dalam Kebersamaan”, Bellarminus Day menjadi suatu momen yang tepat untuk merangkul setiap komunitas keagamaan dan kesukuan di Universitas Sanata Dharma untuk hidup bersama dengan persaudaraan yang semakin erat. Di tengah dunia, terlebih di Indonesia yang penuh dengan keberagaman suku, agama, dan budaya ini, ada semangat luhur Santo Robertus Bellarminus yang berkobar di jiwa seluruh civitas akademika Universitas Sanata Dharma. Semangat itu adalah keinginan untuk bertekun mencari ilmu pengetahuan sembari terus hidup dalam kerendahan hati, saling menghargai, dan toleransi antar umat beriman.
 
NMS, PSD, GKBI / Campus Ministry  USD
SPP / Humas USD




  kembali