USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

6 Mahasiswa Luar Negeri Peserta Program Darmasiswa Diterima di USD

diupdate: 7 bulan yang lalu


6 mahasiswa asing peserta program beasiswa Darmasiswa dari berbagai negara telah diterima untuk belajar bahasa dan budaya di USD. Mereka adalah Huang Yuxian dari China, Nguyen Thuc Quynh dari Vietnam, Sittha Tripornchaisak dari Thailand, Rowan Griffin West dari United Kingdom, serta, Viktoria Georgieva Petrova dan Silvia Rumenova Vodenicharova, keduanya berasal dari Bulgaria.

Darmasiswa adalah salah satu program beasiswa yang diselenggarakan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang bekerja sama dengan Kementrian Luar Negeri. Beasiswa Darmasiswa ini ditawaran kepada seluruh mahasiswa asing dari barbagai negara yang memiliki hubungan diplomatik dengan Indonesia untuk belajar bahasa, seni dan budaya. Program ini rutin diselenggarakan setiap tahunnya oleh Universitas Sanata Dharma, namun selama 2 tahun tidak diselanggarakan dikarenakan pandemi Covid-19. Pada tahun ini program Beasiswa Darmasiswa kembali dilaksanakan dan beberapa dari mahasiswa asing yang berasal dari 5 Negara mendaftar di USD.

Para peserta Darmasiswa juga telah mengikuti orientasi yang diselenggarakan oleh Kemendikbud di Jakarta pada tanggal 29- 30 Agustus 2023. Para peserta ini akan belajar bahasa Indonesia pada semester pertama, dan pada semester kedua mereka akan diberi kesempatan mengikuti perkuliahan sesuai dengan bidang yang disukai.


Oleh karenanya, pada pertengahan bulan September ini, mereka akan mulai mengikuti kelas bahasa Indonesia di Lembaga Bahasa USD. Lalu pada semester berikutnya, mereka akan melanjutkan tambahan sit-in di kelas perkuliahan dan memilih mata kuliah sesuai dengan minat masing-masing.
 
Selain kegiatan kursus bahasa  dan kuliah sit in, para peserta juga akan mengikuti beberapa kegiatan kemahasiswaan (UKM) yang ada di USD seperti Karawitan, Mapasadha, Grisadha, Pengabdian Masyarakat, dan Lens Club. Kehadiran para mahasiswa asing ini tentunya disambut hangat oleh anggota UKM di atas.
 
BKHI juga turut mengadakan orientasi bagi peserta Darmasiswa guna mengenalkan kehidupan di Indonesia, Yogyakarta, dan lingkungan USD, serta keimigrasian yang diperlukan untuk perizinan tinggal mereka selama berada di Indonesia yang dilaksanakan pada 4 September 2023 yang lalu.

"Saya sangat senang, saya mendapat banyak teman  dan saya dapat berkunjung ke berbagai tempat di Yogyakarta," ucap Sittha Tripornchaisak, salah satu peserta asal Thailand. 

Para peserta Darmasiswa diharapkan dapat mempelajari bahasa dan budaya Indonesia serta menjadi duta Indonesia di negaranya masing-masing.  

(SSH&SPA)

  kembali