USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

4 Mahasiswa Kyoto Sangyo University Melaksanakan Magang di USD melalui Program KSU Teaching Practice

diupdate: 7 bulan yang lalu


Universitas Sanata Dharma menerima empat mahasiswa asal Jepang untuk berlatih mengajar Bahasa Jepang melalui program kerjasamanya dengan Kyoto Sangyo University yaitu KSU Teaching Program. Selama dua minggu singgah di Yogyakarta, keempatnya berlatih kemampuan mengajar mereka dengan mengadakan observasi kegiatan mengajar pada minggu pertama dan praktek mengajar pada minggu kedua. Tahun ini, program KSU Teaching Program terjadi dalam dua periode.

Pada periode pertama, Kyoto Sangyo University mengirimkan satu orang mahasiswa, Ren Hamamura, yang tiba pada akhir bulan Maret lalu. Seminggu pertamanya di Yogyakarta, dilewati dengan observasi kelas Bahasa Jepang yang diadakan di Universitas Gadjah Mada dan Universitas Sanata Dharma. Minggu berikutnya Ren sudah melaksanakan praktek mengajarnya di kedua universitas. Kehadiran Ren dikelas meningkatkan antusiasme mahasiswa yang menghadiri kelas Bahasa Jepang.
 

Sedangkan di periode kedua terdapat tiga mahasiswi KSU dikirim untuk mengikuti program KSU Teaching Program, yaitu Chie Aoyama, Yuna Koizume, Mei Iwamoto. Ketiganya tiba di Bandara Internasional Yogyakarta pada akhir Agustus kemarin. Sedikit berbeda dari periode sebelumnya, praktek mengajar kali ini dilaksanakan di satu universitas, yaitu Universitas Sanata Dharma. Ketiganya mengajar mata kuliah Bahasa Jepang di Prodi Sastra Inggis dan memiliki jadwal mengajar dua kali dalam seminggu di hari Senin dan Jumat. Selama dua minggu singgah di Yogyakarta, ketiganya banyak mendapatkan pengalaman dan kenalan baru. Antusiasme dari mahasiswa terhadap kehadiran Chie, Yuna, dan Mei sangat tinggi. Mereka aktif dalam bertanya dan mengikuti aktivitas pembelajaran.


“Saya merasa senang datang ke Indonesia dan Universitas Sanata Dharma, belajar bahasa Indonesia dan bertemu teman-teman baru, dan saya harap saya bisa kembali ke Indonesia lagi untuk bertemu teman-teman saya disini” ujar Chie pada saat hari terakhirnya di Universitas Sanata Dharma.

(SSH & SPA)

  kembali