USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Universitas Sanata Dharma Raih Peringkat Akreditasi Institusi 'Unggul'

diupdate: 8 bulan yang lalu

Auditorium Driyarkara Universitas Sanata Dharma (dok. Humas USD)

Berdasarkan Surat Keputusan Direktur Dewan Eksekutif BAN-PT nomor 614/SK/BAN-PT/Ak.KP/PT/IX/2023, Universitas Sanata Dharma terakreditasi dengan Peringkat ‘Unggul’. Akreditasi Institusi ini berlaku sejak tanggal 12 September 2023 sampai dengan 21 Desember 2026.

Menurut Peraturan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) nomor 1 tahun 2022, akreditasi merupakan kegiatan penilaian terhadap kelayakan Perguruan Tinggi (PT) berdasarkan kriteria yang mengacu pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN Dikti) untuk menjamin mutu PT baik di bidang akademik maupun non akademik.  Peringkat Unggul suatu PT merupakan suatu pengakuan dari negara melalui Badan Akreditasi Nasional (BAN) PT tentang terpenuhinya SN Dikti dan keterlaksanaan pelampauan terhadap SN Dikti pada PT yang dinilai/diakreditasi. Raihan akreditasi peringkat Unggul yang dicapai USD adalah proses konversi dari peringkat akreditasi A pada 2021 yang sebenarnya masih berlaku hingga 2026. Namun sesuai dengan Pasal 9 Peraturan BAN-PT nomor 1 tahun 2022, PT terakreditasi A dapat mengajukan konversi ke Unggul, dengan pemenuhan syarat-syarat tertentu.

Menurut keterangan dari Ketua Lembaga Penjaminan Mutu dan Audit Internal (LPMAI) USD, Dr. apt. Yustina Sri Hartini, M.Si., konversi akreditasi ini menjadi sebuah kebutuhan karena BAN-PT menerapkan perubahan paradigma dalam akreditasi dari penilaian input-process ke output-outcome.

“Peringkat akreditasi A diperoleh dari penilaian dengan instrumen yang lebih mengukur input-process sedangkan peringkat Unggul lebih mengukur output-outcome. PT dengan peringkat akreditasi A dapat mengajukan konversi ke peringkat Unggul melalui pengajuan borang Instrumen Suplemen Konversi (ISK) PT. Apabila memenuhi kriteria, maka BAN-PT dapat menetapkan peringkat akreditasi hasil konversi dari A ke Unggul,” jelasnya dalam keterangan tertulis.

Dr. Yustina juga menambahkan bahwa USD memaknai ‘Unggul’ bukan dalam suatu kerangka kompetisi atau perbandingan, namun dalam kerangka pengembangan diri setiap pribadi yang berkontribusi pada lembaga USD secara terus-menerus.

“Sesuai dengan semangat MAGIS yang diyakini USD sebagai lembaga pendidikan Jesuit, maka peringkat Unggul harus dipahami sebagai kepemilikan karakter unggul dari semua insan yang terlibat di USD. Setiap individu yang terlibat di USD diarahkan untuk mengembangkan bakat serta kemampuan pribadinya dari tahapan satu ke tahapan lain yang lebih jauh atau lebih tinggi,” ungkapnya.

Sertifikat Peringkat Akreditasi Unggul USD dari BAN-PT (dok. Sekretariat Rektorat)

Senada dengan hal itu Wakil Rektor I USD, Prof. Ir. Sudi Mungkasi, Ph.D., menyampaikan bahwa capaian ini merupakan hasil kinerja semua elemen yang ada di USD.

“Akreditasi Institusi peringkat Unggul ini tentu menunjukkan bahwa mutu Tridharma yang dilaksanakan oleh USD berada pada level tertinggi. Capaian ini merupakan hasil kinerja semua elemen yang ada di USD. Oleh karenanya, kita mengucapkan selamat dan terima kasih kepada semua anggota keluarga besar USD atas kinerja yang sungguh luar biasa,” ungkapnya.

Prof. Sudi juga menambahkan bahwa akreditasi peringkat Unggul semakin menegaskan visi dan cita-cita USD.

“Akreditasi Institusi peringkat Unggul ini semakin menguatkan semangat USD dalam visi untuk menjadi penggali kebenaran yang unggul dan humanis demi terwujudnya masyarakat yang semakin bermartabat. Semoga USD dapat mengembangkan karya Tridharma dengan berbasis luaran yang semakin berkualitas dari waktu ke waktu,” tambahnya.

Dengan pencapaian ini, USD menjadi salah satu dari 74 PT (Negeri dan Swasta) yang ditetapkan menyandang peringkat akreditasi Unggul. Tentu saja pencapaian ini tidak lepas dari bagian dari cita-cita USD untuk menjadi perguruan tinggi yang unggul, seperti yang diungkapkan Rektor USD, Albertus Bagus Laksana, S.J., S.S., Ph.D.

“USD memiliki cita-cita besar yang tertuang dalam sasaran jangka menengah Rencana Strategis 2023-2027, yaitu untuk menjadi universitas yang unggul secara nasional lewat program studi yang interdisipliner dan tanggap zaman, serta lulusan yang menjadi pribadi tangguh dan berperan secara lokal dan global,” paparnya.

Romo Bagus juga menambahkan bahwa peringkat akreditasi Unggul ini adalah rekognisi dari BAN-PT dan publik yang tentu juga menambah gairah dan semangat untuk terus bekerja keras menjalankan banyak program Tridharma secara lebih berkualitas.

“Peringkat Unggul ini juga merupakan ungkapan dari keberdayaan USD untuk melakukan banyak program Tridharma secara lebih berkualitas sebagai universitas Jesuit, terutama lewat program-program strategis yang menegaskan arah keterlibatan USD di Indonesia dan dunia global yang sedang dilanda banyak krisis. Semoga USD yang berwawasan global namun berakar pada realitas lokal, semakin mempunyai energi untuk membantu sesama membina relasi dengan Tuhan; menemani mereka yang miskin dan tertindas; menemani penjelajahan kaum muda menuju masa depan berpengharapan; dan merawat bumi sebagai rumah bersama,” pungkasnya.

(AFH/Humas)
 

  kembali