USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Ekaristi Awal Semester Gasal 2023/2024: Kebenaran Akan Memerdekakan

diupdate: 8 bulan yang lalu





Senin, 28 Agustus 2023, pukul 07:15, Campus Ministry USD menyelenggarakan Perayaan Ekaristi Awal Semester Gasal Tahun Akademik 2023/2024. Perayaan Ekaristi diselenggarakan di dua lokasi, yaitu Kapel St. Bellarminus, Kampus I Mrican yang dipimpin oleh Romo  Eko Budi Santoso SJ (Dosen Prodi Pendidikan Matematika/ Sekretaris Pelaksana Mission Identity USD) dan di Ruang Drost, Lt.4 Gedung Administrasi, Kampus III Paingan yang dipimpin oleh Romo Yustinus Rumanto SJ (Kepala Campus Ministry). 

Perayaan Ekaristi yang mengangkat tema “Kamu Akan Mengetahui Kebenaran, dan Kebenaran Itu Akan Memerdekakan Kamu” ini menjadi sarana untuk mengungkapkan doa dan harapan untuk mengetahui, mencintai, dan menggali kebenaran selama menjalani pembelajaran di USD di tahun akademik yang baru.

Dalam homilinya di Kapel Bellarminus, Rm. Eko Budi Santoso SJ, mengungkapkan bahwa tema ekaristi pada hari ini mengingatkan beliau pada nilai-nilai dasar USD, terutama nilai yang pertama. Beliau juga mengungkapkan bahwa melalui tema dan nilai dasar pertama USD, kita diingatkan oleh Tuhan untuk menggali kebenaran yang bermanfaat bagi kesejahteraan manusia dan lingkungan alam.

“Tema ini mengingatkan kita bahwa nilai-nilai dasar USD yang selalu kita coba untuk hidupi dalam kehidupan di universitas dapat bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat dan kelestarian alam. Kita bisa membantu mewujudkan keselamatan melalui kebenaran sesuai dengan jurusan dan porsi kita masing-masing, dimulai dari lingkungan sekitar kita,” pesannya.

Menanggapi homili Romo. Eko, Wakil Rektor II USD, Dr. Yohanes Harsoyo, MSi., dalam sambutannya menyampaikan bahwa tema ekaristi yang dipilih memang sangat tepat karena USD mengerahkan segala usaha untuk mendekati, menemukan, dan membuka diri terhadap kebenaran.

“Melalui visi misi, nilai-nilai dasar, dan tridharma, USD selalu mengarahkan diri kepada kebenaran. Segala interaksi di USD, baik akademik maupun non-akademik, diselenggarakan supaya kita bisa menemukan dan membuka diri terhadap kebenaran. Ketika kita sudah menemukannya, kita akan bisa melihat dunia dari berbagai perspektif yang bisa membawa pada kebebasan berpendapat dan kemerdekaan diri.” paparnya.



Sementara itu di Kampus III, dalam homilinya, Romo Yustinus Rumanto SJ, menyampaikan bahwa seluruh civitas akademika USD dapat menggali dan menemukan kebenaran yang tercermin dalam slogan “Cerdas dan Humanis.”

“Kecerdasan memiliki arti sesuatu yang kita mengerti dengan benar dan tepat melalui akal budi sedangkan humanis dapat diartikan sebagai tindak-tanduk yang benar, maka Cerdas dan Humanis dapat diartikan sebagai pengertian dan tindakan yang benar. Dari sini, kita tahu bahwa USD selalu mengarah dan mengacu pada kebenaran. Karena itu, mari kita berdoa agar di semester baru ini, kita diberikan berkat untuk bisa menerapkan Cerdas dan Humanis dalam kehidupan.” pesannya. 

Dalam sambutannya, Wakil Rektor I USD, Prof. Ir. Sudi Mungkasi, Ph.D., berpesan bahwa banyak hal yang dapat ditemui dan dipelajari di tahun akademik 2023/2024, terutama bagi mahasiswa baru. Melalui perkuliahan dan pembelajaran, civitas akademika USD, khususnya mahasiswa, mereka dapat memahami, menggali, dan mencintai kebenaran.

“Sebagai anggota komunitas akademik, kita dapat memahami, menggali, serta mencintai kebenaran melalui tridharma universitas, yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Ketika kita sudah meraih kebenaran, kebenaran itu akan membebaskan kita dari dosa dan kebodohan.” tutup Prof. Sudi.
(TPP/CSNC/DKS/AFH – Humas)
 

  kembali