USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Perpustakaan USD Terima Kunjungan Studi Banding dari Pustakawan Kolese Kanisius Jakarta

diupdate: 1 bulan yang lalu




Senin- Selasa, 27-28 Juni 2022 Perpustakaan USD (PUSD)menerima kunjungan studi banding dari Perpustakaan Kolese Kanisius Jakarta.  Kunjungan dilakukan di Perpustakan Mrican dan Paingan. Kunjungan kali ini dipimpin langsung oleh Kepala Perpustakaan Kolese Kanisius Hilarius Nugroho Adiprabowo bersama 2 staf perpustakaan (Natalia Anita Lupitasari dan Elizabeth Adinda Proborini) dan 1 orang staf IT Gerardus Namsa. Hal yang melatarbelakangi kunjungan studi banding tersebut adalah, dipersiapkannya ruangan 2 lantai  untuk Perpustakaan Kolose Kanisius Jakarta. Harapannya dari kunjungan ini mereka dapat memperoleh informasi terkait pengelolaan Perpustakaan USD, memperoleh gambaran mengenai pengembangan teknologi informasi di Perpustakaan USD, dan memperoleh gambaran terkait sarana prasarana di Perpustakaan USD untuk pengembangan perpustakaan Kolose Kanisius Jakarta.

Sebagai bagian dari institusi pendidikan, Perpustakaan Kolose Kanisius Jakarta berusaha selalu melakukan pengembangan Perpustakaan. Perpustakaan Kolese Kanisius direncanakn menjadi  sebuah perpustakaan sekolah yang bisa menjawab tantangan jaman. Mewujudkan perpustakaan sekolah yang menjadi tempat pencarian informasi dan sumber belajar yang up to date sehingga dapat menyiapkan siswa menjadi seorang ilmuwan untuk jenjang pendidikan selanjutnya. Perpustakaan modern yang dikembangkan dengan teknologi informasi saat ini.  Selama studi banding dua hari di Perpustakaan Universitas Sanata Dharma mereka dibagi dalam kelompok minat untuk mencari informasi yang dibutuhkan. Hari pertama dilakukan diskusi secara bersamaan dengan pejabat struKtural dan beberapa staf perpustakaan, dilanjutkan diskusi tentang pengelolaan perpustakaan. Hari kedua dilakukan diskusi tentamg koleksi digital yang dilanggan PUSD dan sistem manajemen perpustakaan, sistem pengelolaan arsip, sistem pelayanan dan pengembangan teknologi informasi di Perpustakaan USD.

Dalam kesempatan lain, di mana semua peserta diajak untuk berkeliling ke semua ruangan perpustakaan, tampak aura kepuasan dan aura keingintahuan yang tinggi yang terpancar dari semua peserta.  Banyak hal yang dapat diambil dari kunjungan ini yang akan diusulkan untuk diterapkan di Perpustakaan Kolose Kanisius Jakarta dalam rangka membangun kepuasan pemustaka. Para peserta sangat berharap ke depan ada semacam perjanjian kerjasama dalam pengelolaan perpustakaan antara Universitas Sanata Dharma dengan Kolose Kanisius Jakarta. Dan diakhir kunjungan studi banding tersebut, Elizabeth Adinda Proborini berharap agar staf Perpustakaan USD tetap bersedia membantu dalam proses mewujudkan cita-cita mereka membangun perpustakaan yang berbasis teknologi informasi.

(Has)

  kembali