USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Kerja Sama Universitas Sanata Dharma dengan Daffodil International University, Bangladesh

diupdate: 1 minggu yang lalu




Universitas Sanata Dharma melaksanakan pertemuan dengan Daffodil International University, Bangladesh secara virtual melalui Zoom. Pertemuan virtual yang diadakan tanggal 27 Oktober 2021 ini dihadiri dari pihak Daffodil International University, yaitu Mr. Syed Raihan-Ul-Islam sebagai Senior Assistant Director International Affairs dan Mr. Md. Nazmul Islam sebagai Administrative Officer International Affairs. Kemudian dari pihak Universitas Sanata Dharma dihadiri oleh Bapak F.X. Ouda Teda Ena, M.Pd., Ed.D. sebagai Wakil Rektor IV bidang Kerjasama dan Alumni, Ibu Yurisdixta Menavia, S.S. sebagai Kepala Biro Kerjasama dan Hubungan Internasional (BKHI), Bapak W. Sudrajad Ari Nugroho, A.Md, S.Hum. sebagai staf BKHI, dan Albertus Agung Sanjaya, S.Pd. sebagai Sekretaris Wakil Rektor IV.

Pertemuan yang diadakan ini adalah bentuk tindak lanjut dari Nota Kesepahaman antara Universitas Sanata Dharma dan Daffodil International University nomor 028/MoU-USD/XI/2018. Universitas Internasional Daffodil adalah universitas swasta yang berlokasi di Dhaka, Bangladesh. Kampus asli terletak di Dhanmondi dan kampus permanen terletak di Daffodil Smart City, Khagan, Ashulia, Savar yang berada di distrik Dhaka. Pertemuan diawali dengan perkenalan tiap perwakilan dilanjutkan dengan pemaparan maksud dan tujuan kerjasama.

Dalam pertemuan virtual ini pihak Universitas Sanata Dharma memberikan usulan kegiatan kerjasama berupa student exchange dan faculty exchange yang mana program ini diharapkan bisa untuk diikuti oleh mahasiswa ataupun dosen Universitas Sanata Dharma. Dalam usulan yang disampaikan oleh Bapak F.X. Ouda Teda Ena, MPd., Ed.D tersebut, juga disebutkan beberapa program studi yang bisa ditawarkan untuk exchange program ini seperti Pendidikan Bahasa Inggris, Sastra Inggris, Magister Pendidikan Bahasa Inggris dan Kajian Bahasa Inggris. Tak hanya itu, beberapa program di Lembaga Bahasa Universitas Sanata Dharma, seperti Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing dan Bahasa Jawa untuk Penutur Asing, juga ditawarkan untuk kegiatan kerjasama ini.  Selain program studi dan program Lembaga Bahasa diatas, ada beberapa fakultas di Universitas Sanata Dharma yang berpeluang untuk berpartisipasi dalam kegiatan kerjasama dengan Daffodil University, seperti Fakultas Farmasi, Fakultas Ekonomi, dan Fakultas Sains dan Teknologi.

Pemaparan maksud dan tujuan kerjasama dilanjutkan dari pihak Daffodil International University, yang disampaikan oleh Mr. Syed Raihan-Ul-Islam. Pihak Daffodil International University menyambut dengan senang hati atas terjalinnya kerjasama ini dan menanggapi usulan dari Universitas Sanata Dharma dengan menyampaikan beberapa exchange program yang dimiliki oleh Daffodil International University.

Pertemuan ini membuahkan peluang kerja sama Internasional baru bagi Universitas Sanata Dharma. Selain itu kerja sama ini  menjadi wadah bagi Universitas Sanata Dharma untuk mengimplementasikan Tridharma perguruan tinggi, juga menjadi tempat untuk pengembangan diri bagi dosen dan mahasiswa Universitas Sanata Dharma.

(DDJ & SA)

  kembali