USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

USD Luluskan Mahasiswa Kerjasama dengan Xavier Learning Community Thailand

diupdate: 1 bulan yang lalu



Universitas Sanata Dharma (USD) pada Semester Genap Tahun Akademik 2020/2021 meluluskan 1 mahasiswa kerjasama dengan Xavier Learning Community (XLC) Chiangrai, Thailand, dari Program Magister Pendidikan Bahasa Inggris USD. Mahasiswa tersebut adalah Sumit Choemue yang memulai studi nya pada Semester Gasal Tahun Akademik 2019/2020. Sumit Choemue merupakan mahasiswa hasil kerjasama antara USD dan XLC. Xavier Learning Community (XLC) merupakan lembaga pendidikan di distrik Mae Chan, Provinsi Chiangrai yang berfokus untuk mengangkat dan memperdayakan kaum muda, khususnya di bagian Thailand Utara berdasarkan nilai–nilai tradisi Jesuit.

Program Beasiswa yang diikuti oleh Sumit Choemue merupakan hasil kerjasama antara USD dan XLC yang sudah berjalan sejak tahun 2016 di mana isi dari program kerjasama tersebut adalah menyediakan program beasiswa bagi tenaga pengajar di XLC untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dan Sumit Choemue merupakan salah satu guru Bahasa Inggris di XLC yang berkesempatan untuk menempuh pendidikan di USD.

Dasar atas terbentuknya kerjasama ini adalah USD dan XLC merupakan lembaga pendidikan yang memiliki aspirasi yang sama dalam mendukung pertumbuhan dan perkembangan berkelanjutan dari masing-masing negara di era globalisasi ini. Selain itu, USD dan XLC merupakan lembaga pendidikan yang berada di bawah naungan Serikat Yesus di Asia-Pasifik yang memiliki misi yang sama salah satunya yaitu mendukung pengembangan dan juga penerapan program layanan pembelajaran.

Setelah selesai menempuh pendidikan di USD Program Magister Pendidikan Bahasa Inggris, Sumit Choemue mengatakan “One year and a half as a Master’s student has become an astonishing experience and unforgettable moment of my life. I am wholeheartedly welcomed and embraced by everyone as a part of the community to build a robust rapportand support each other in this USD family”. Ia memiliki pengalaman yang sangat luar biasa dan juga belajar banyak hal yang bisa ia gunakan di masa yang akan datang. Selain itu, ia juga merasa disambut dengan baik oleh semua orang di lingkungan USD. Sumit Choemue juga menambahkan bahwa selama di USD, ia tidak hanya belajar ilmu pengetahuan namun juga belajar untuk mempersiapkan diri menjadi Agent of Change di masyarakat.

Mahasiswa asal Thailand ini terkenal ramah di lingkungan kampus, ia juga mudah untuk beradaptasi selama menempuh pendidikan di USD. Bapak Barli Bram, M.Ed., Ph.D. selaku Dosen Pembimbing, mendeskripsikan bahwa Sumit Choemue adalah mahasiswa internasional yang memiliki Four Quality Features yaitu Bright, Diligent, Independent, dan juga Resourceful. “Sekarang Sumit Choemue telah lebih siap untuk membagikan ilmu dan keterampilan yang sudah ia peroleh dengan murid-muridnya di Xavier Learning Community”, tambahnya.

(DDJ & LJ)

  kembali