USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

KKN Mandiri USD:
“Satukan Hati, Pikiran, dan Jiwa Bersama Masyarakat Melawan Pandemi"

diupdate: 5 bulan yang lalu





Selasa (5/1) Pusat Kuliah Kerja Nyata (PKKN) Universitas Sanata Dharma (USD) melakukan penerjunan mahasiswa KKN Mandiri angkatan 61 yang dilakukan secara daring melalui aplikasi zoom dan kanal YouTube Humas USD, serta beberapa sebagai perwakilan peserta KKN hadir secara luring di Ruang Kadarman Kampus II USD. KKN yang mengusung tema “Satukan Hati, Pikiran, dan Jiwa Bersama Masyarakat Melawan Pandemi”.ini merupakan angkatan kedua yang melakukan KKN di masa pandemi. KKN angkatan ini diikuti oleh 1.484 mahasiswa yang melaksanakan KKN secara mandiri di berbagai daerah di Indonesia.

Acara diawali dengan sambutan Kepala PKKN USD Dr. Sebastianus Widanarto Prijowuntato, S.Pd., M.Si. yang melaporkan tentang pembekalan dan penerjunan peserta KKN Mandiri. Peserta KKN Mandiri didampingi oleh 32 Asisten Pendamping Lapangan (APL) dan 7 Dosen Pendamping Lapangan (DPL). Lokasi KKN Mandiri berada di tempat tinggal mahasiswa di berbagai wilayah Indonesia. Terdapat dua tahapan dalam KKN Mandiri ini yaitu persiapan dan penerjunan. Peserta KKN Mandiri mendapat pembekalan secara daring oleh DPL dan dibantu oleh APL, sejak bulan Oktober hingga Desember 2020.

Rektor USD Johanes Eka Priyatma, M.Sc., Ph.D. dalam sambutannya menyampaikan bahwa pelaksanaan KKN Mandiri merupakan pokok berkembangnya semangat, sikap, dan komitmen mahasiswa USD untuk memiliki semangat bela rasa terutama kepada mereka yang membutuhkan. KKN Mandiri mempunyai kesempatan untuk mengasah kepekaan dan sikap bela rasa kepada sesama. Melalui KKN Mandiri, mahasiswa juga memiliki kesempatan untuk berpikir keras, membangun imajinasi, merumuskan kreatifitas, dan inovasi walaupun sederhana namun mampu turut serta membantu mengatasi persoalan masyarakat.

Setelah laporan Kepala PKKN dan sambutan Rektor, acara dilanjutkan dengan penyerahan bendera sebagai simbolisasi penerjunan secara resmi peserta KKN Mandiri oleh Rektor USD yang diwakili oleh 2 mahasiswa peserta KKN.

(BGP & KNK)

  kembali