USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Study Tour Mahasiswa Mappi: Eksplorasi Budaya Jawa

diupdate: 2 bulan yang lalu



Pada hari Jumat (7/2) dan Sabtu (8/2), Biro Kerjasama dan Hubungan Internasional (BKHI) Universitas Sanata Dharma (USD) mengadakan study tour yang diikuti oleh 95 mahasiswa kerjasama asal Kabupaten Mappi, Papua. Dengan tujuan memperkenalkan budaya Jawa, para mahasiswa diajak mengunjungi beberapa destinasi wisata di kota Magelang, Jawa Tengah, seperti Candi Borobudur, Gereja Ayam, dan Desa Wisata Candirejo.

Sebelum memulai kegiatan study tour, pada hari Jumat pukul 15.30, para mahasiswa berkumpul di depan Gedung Pusat, Kampus 2 USD, untuk mendengarkan sedikit pesan dari Ibu Yurisdixta Menavia selaku Kepala BKHI. Ibu Dixta menyampaikan beberapa peraturan yang harus dipenuhi oleh para mahasiswa selama mengikuti kegiatan study tour, seperti tepat waktu dan kooperatif dalam mengikuti rangkaian kegiatan. Setelah para mahasiswa terbagi dan masuk ke dalam bus masing-masing, kegiatan study tour dimulai dengan singgah di Sekar Kedhaton Resto dan dilanjutkan bermalam di Hotel Atria, Magelang sebelum esok paginya mengunjungi Candi Borobudur untuk menikmati keindahan matahari terbit.

Kegiatan pada hari Sabtu dimulai pukul 03.45 ketika para mahasiswa berangkat menuju Candi Borobudur untuk menikmati sunrise atau matahari terbit. Pemandangan perbukitan berkabut di pagi hari mampu memukau para mahasiswa yang baru pertama kali mengunjungi candi Buddha terbesar di dunia ini. Setelah selesai menikmati sinar matahari pagi dari atas Candi Borobudur, para mahasiswa singgah untuk menyantap sarapan di Resto Manohara Borobudur. Kegiatan study tour dilanjutkan dengan mengunjungi Gereja Ayam. Di samping menjadi salah satu destinasi wisata favorit anak muda di Magelang sejak debutnya di layar perak Indonesia dalam film Ada Apa Dengan Cinta 2, Gereja Ayam sebenarnya membawa filosofi perdamaian umat beragama di Indonesia. Di sini, para mahasiswa diajak untuk mengenal sebuah tempat yang menjadi tempat berdoa bagi semua agama. Setelah beranjak dari Gereja Ayam, para mahasiswa diajak mengelilingi Desa Wisata Candirejo dengan menggunakan dokar. Di desa ini, para mahasiswa mempelajari proses pembuatan dan mencicipi rengginang, keripik tempe, dan keripik bayam. Kegiatan study tour dilanjutkan dengan membuat anyaman pandan dan belajar bermain gamelan. Ketika belajar bermain gamelan, antusiasme mahasiswa dapat terlihat dari bagaimana mereka mengantri untuk mengambil giliran bermain gamelan. Memainkan alat musik gamelan memberikan pelajaran bagi mahasiswa untuk bagaimana saling berkomunikasi dan bekerjasama dalam kelompok agar menghasilkan karya yang indah.

Pengalaman ini menjadi pengalaman pertama bagi para mahasiswa USD asal Kabupaten Mappi dalam mengeksplorasi kebudayaan Jawa. Dengan adanya kegiatan ini, selain belajar mengenai sejarah dan budaya Jawa Tengah, para mahasiswa mampu saling mengenal satu sama lain dan saling belajar untuk berdinamika dalam kelompok. Harapannya, kegiatan study tour ini dapat terus berlangsung agar semakin banyak pengalaman dan pengetahuan yang didapat oleh para mahasiswa asal Kabupaten Mappi selama menempuh pendidikannya di USD.

(SPP & DR)

  kembali