USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Kembangkan Ilmu melalui Ajang Kompetisi Olimpiade Akuntansi-Ekonomi 2019

diupdate: 5 tahun yang lalu



Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Sanata Dharma (USD) kembali mengadakan Lomba Akuntansi dan Ekomoni SMA se-DIY dan Jateng. Lomba yang diikuti oleh 14 sekolah ini (sekolah ada yang mengirimkan lebih dari satu kelompok) diadakan pada hari Sabtu (27/4) di Panggung Terbuka, Kampus 2 USD. Lomba tersebut merupakan acara tahunan Program Studi Pendidikan Ekonomi USD yang melibatkan siswa-siswi SMA se-DIY dan Jateng. Tahun ini, tema yang diangkat adalah “Belajar Akuntansi dan Ekonomi yang Menyenangkan, Kreatif, dan Kompetitif”.

Acara ini diawali oleh sambutan ketua panitia, yakni oleh Ignatius Bondan Suratno, S.Pd., M.Si., dosen Program Studi Pendidikan Ekonomi USD. Beliau menyampaikan bahwa acara ini adalah lomba olimpiade akuntansi dan ekonomi yang sudah berlangsung selama empat belas (14) kali dan acara yang sedang berlangsung ini adalah yang ke-14. Beliau juga menyampaikan bahwa acara ini sebenarnya sudah direncanakan pada bulan Februari lalu, namun karena bertepatan dengan akreditasi maka harus diundur pada bulan April. Tak lupa, Beliau juga menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung acara ini. “tak lupa kami mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang terlibat dalam cara ini, dukungan dari Universitas, Fakultas, dan untuk panitia yang sudah menyiapkan semuanya sehingga acaranya ini siap dimulai.” tutupnya.

Selanjutnya, Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan USD, Dr. Yohanes Harsoyo, S.Pd., M.Si., juga memberikan sambutan singkat. Dalam sambutan, Beliau menyambut baik acara ini. Tema yang diangkat sangat sejalan dengan apa yang akan dibangun oleh generasi muda sekarang. Menurut beliau, tema yang diangkat yaitu menyenangkan, kreatif, dan kompetitif, menggambarkan proses pembelajaran yang ada di Program Studi Pendidikan Ekonomi yang dinyatakan dalam proses sehari-hari. Selesai memberikan sambutan, beliau membunyikan gong untuk memberikan tanda bawa kegiatan lomba siap untuk dimulai.

Rangkaian Olimpiade Akuntansi dan Ekonomi dimulai dengan babak penyisihan yang diikuti oleh seluruh peserta lomba. Selama babak penyisihan, para guru pendamping mendapatkan workshop guru yang diadakan di ruang Xaverius Kampus 1 USD. Setelah babak penyisihan dan workshop guru selesai, dipilihlah 16 (enam belas) kelompok yang akan maju dalam babak Final 1 dan 2. Kelompok yang dapat memenangkan babak final, mendapatkan piala bergilir Gubernur DIY.

(VHPR & AHLN)

  kembali