USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

UKM Grisadha Raih Juara I Nasional Tari Tradisional di ajang National Folklore Festival

diupdate: 2 bulan yang lalu

x

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Tari Grisadha Universitas Sanata Dharma (USD) berhasil meraih Juara I Nasional Lomba Tari Tradisional dalam ajang the 18th National Folklore Festival (NFF) yang diselenggarakan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia. Dalam lomba yang diikuti oleh 17 tim perguruan tinggi dari seluruh wilayah Indonesia ini, UKM Tari Grisadha menampilkan tarian 'Ojo Turu Sore'. 

Dalam ajang NFF tersebut, UKM Grisadha USD menduduki peringkat pertama, diikuti oleh UKM Tari Universitas Teknokrat Indonesia Lampung dan Universitas Negeri Semarang sebagai juara kedua dan ketiga.

Yosaphat Widya Asmara, pendamping Tim UKM Grisadha dalam kompetisi ini, mengungkapkan bahwa keberhasilan ini adalah hal yang cukup mengejutkan.

"Meskipun memang sudah mempersiapkan dan menampilkan dengan maksimal, kami tetap merasa surprise dengan hasil ini, karena semua peserta lomba memang tampil sangat baik. Dan lagi banyak dari para peserta lomba berasal dari perguruan tinggi yang memiliki jurusan seni tari, sementara USD tidak. Anak-anak sangat bangga akan hasil yang dicapai dan juga proses yang dilalui," ungkapnya.

x

Ketua UKM Grisada, Bernadetta Andina Rosa Noviana, mengungkapkan kegembiraannya atas pencapaian prestasi ini.

"Rasanya mixed feeling, bercampur antara senang, terharu, kaget, tidak menyangka juga. Karena akhirnya kerja keras kami, dengan segala macam struggle dan permasalahan ketika persiapan bisa terbayarkan. Terima kasih kepada pihak Universitas, atas kepercayaannya dan bantuannya kepada kami. Terima kasih pula untuk pelatih Grisadha, karena sudah sabar membimbing, dan menuntun kami selama proses yang tidak singkat," ucapnya.

Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika yang akrab disapa Oca ini juga menambahkan bahwa prestasi yang diraih mempunyai makna tersendiri bagi UKM Grisadha.

"Kemenangan ini sangat bermakna untuk Grisadha. Karena pada akhirnya setelah beberapa tahun ke belakang sempat vakum akibat situasi Covid-19, kami bisa kembali meraih prestasi. Harapan kami, semoga pencapaian ini semakin memotivasi kami untuk lebih berkembang. Semoga apa yang kami capai ini juga bisa memotivasi teman-teman mahasiswa yang memiliki kemampuan bidang non akademik untuk berani menekuni dan mengembangkan bakatnya," ujarnya.

x

Senada dengan ungkapan Oca, Wakil Rektor III USD, Dr Titik Kristiyani, M.Psi., mengapresiasi prestasi UKM Grisdaha sebagai hasil dari proses formasi yang dijalani dengan baik.

"Kemenangan ini adalah sesuatu yang membanggakan. Prestasi yang diraih adalah buah dari formasi yang dijalani dengan penuh tanggung jawab, dimana mereka mampu mengembangkan talenta dan passion-nya dengan penuh kedisiplinan. Hal ini sesuai dengan visi USD, agar mahasiswa bisa mengembangkan dirinya secara utuh. Semoga keberhasilan ini juga menginspirasi UKM lain di USD agar bisa menjalani seluruh proses dan dinamika dalam kegiatan kemahasiswaan dengan penuh tanggung jawab serta kedisiplinan. Hasil tidak akan mengkhianati proses. Selamat kepada UKM Grisadha," ungkapnya.

(AFH)

  kembali