USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Prodi Sastra Indonesia USD Raih Peringkat Akreditasi Unggul

diupdate: 2 bulan yang lalu

x

USD - Berdasarkan surat keputusan Badan Akreditasi Nasional (BAN-PT) no 588/SK/BAN-PT/Ak.KP/S/II/2024, Program Studi Sastra Indonesia, Universitas Sanata Dharma (USD) mendapatkan peringkat akreditasi Unggul. Capaian peringkat akreditasi baru ini diperoleh melalui konversi peringkat dari yang sebelumnya sudah terakreditasi dengan peringkat A. Proses pengajuan konversi akreditasi yang dimulai sejak 1 September 2023 yang lalu, pada akhirnya membuahkan hasil yang diharapkan seluruh pihak. Dengan nilai 373, Prodi Sastra Indonesia USD berhak menyandang peringkat akreditasi Unggul, yang berlaku hingga 21 Maret 2028.

Kegembiraan dan rasa syukur tentunya dirasakan oleh prodi Sastra Indonesia, seperti yang disampaikan oleh Kaprodi Sastra Indonesia, Sony Christian Sudarsono.

"Kami sangat bersyukur, praktik baik dan pengelolaan Prodi Sastra Indonesia USD diapresiasi dan diakui negara dengan peringkat akreditasi unggul. Bagi kami, peringkat akreditasi unggul ini adalah anugerah sekaligus amanah. Ini bukan akhir dari karya kami, melainkan awal baru supaya kami lebih termotivasi dan bertanggung jawab," ujarnya.

Kegembiraan dan rasa syukur juga dirasakan lebih luas oleh warga Fakultas Sasrta USD. Hal ini diungkapkan oleh Dekan Fakultas Sastra USD, Dr. Yoseph Yaphi Taum. 

"Saya mengucapkan rasa syukur atas pencapaian prestisius yang diraih oleh Program Studi Sastra Indonesia yang meraih akreditasi Unggul dari BAN-PT. Prestasi ini tak terlepas dari kerja keras dan dedikasi seluruh dosen, mahasiswa, dan tenaga kependidikan di Fakultas Sastra. Akreditasi Unggul ini merupakan cerminan dari komitmen Fakultas Sastra dalam memberikan layanan pendidikan berkualitas tinggi yang sesuai dengan standar nasional maupun internasional," ungkapnya

x

Yaphi menambahkan bahwa capaian peringkat unggul ini tentu banyak hal perlu dipertahankan dan terus untuk ditingkatan.

"Capaian ini menjadi motivasi bagi kami untuk terus meningkatkan kualitas dan relevansi kurikulum, serta memberikan pengalaman belajar yang terbaik bagi mahasiswa. Saya berharap akreditasi Unggul ini akan menjadi tonggak baru bagi Fakultas Sastra dalam memberikan kontribusi nyata bagi kemajuan ilmu pengetahuan dan budaya di Indonesia," tambah Yaphi.

Kaprodi Sastra Indonesia, Sony Christian Sudarsono menambahkan bahwa dengan akreditasi unggul ini, diharapkan pula mampu memberikan keyakinan bagi para calon mahasiswa USD untuk bergabung dengan Prodi Sastra Indonesia, dalam meniti masa depan mereka. 

"Kami mengajak para orang muda pencinta bahasa dan sastra Indonesia untuk bergabung bersama kami di Prodi Sastra Indonesia USD," pungkas Sony.

(AFH)

  kembali