USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Parade Gamelan Anak Memeriahkan Rangkaian Dies Natalis ke-68 Universitas Sanata Dharma

diupdate: 5 bulan yang lalu



Minggu, 26 November 2023, Parade Gamelan Anak kembali dilaksanakan oleh Prodi PGSD (Pendidikan Guru Sekolah Dasar) sebagai rangkaian dari Dies Natalis ke-68 Universitas Sanata Dharma. Parade Gamelan dilaksanakan di Panggung Realino, Kampus II Universitas Sanata Dharma. Parade Gamelan Anak ke- XIV ini mengangkat tema “Gaung Gangsa Nusantara” yang berarti mengagungkan Gangsa (Gamelan Nusantara), dengan cara ikut melestarikan budaya Indonesia. 

"Hadirnya tema tersebut, berharap agar generasi muda khususnya anak-anak sedari dini dapat menumbuhkan rasa cinta terhadap budaya dan tanggung jawab untuk terus menjaga serta melestarikan warisan budaya Nusantara di era perkembangan zaman yang semakin maju," ucap Ketua Panitia, Sebastian Aditya. 


Parade Gamelan diikuti oleh 8 Sekolah Dasar dari berbagai daerah di DIY-Jateng, yaitu SDN Pagerharjo, SDN Nogopuro, SDN Trirenggo, SD Tumbuh 2, SD Krista Gracia Klaten, dan SD Marsudirini Muntilan. Tiga orang praktisi seni mengisi jajaran dewan pengamat, yaitu Hariyanto, S.Sn., M.Hum. (Pengajar ISI Yogyakarta), Pardiman Djoyonegoro (Seniman Musik Tradisional), dan Nia Dwi Raharjo, S.Sn. (Pengajar SMKN 8 Surkarta).



Dekan FKIP, Dr. Tarsisius Sarkim, M.Ed., Ph.D., dalam sambutannya mengugkapkan kebanggaannya, karena dalam Parade Gamelan Anak dapat memberikan pengalaman yang sangat berharga bagi anak-anak upaya melestarikan nilai luhur budaya lewat penampilan yang seni yang mengolah potensi kemanusiaannya. 

“Inilah yang kita tawarkan, memasuki relung-relung hati mereka melalui gamelan. Seni adalah elemen penting dalam pendidikan” tuturnya.
 

Wakil Rektor IV USD sekaligus Ketua Pelaksana Dies Natalis ke-68 Sanata Dharma, Caecilia Tutyandari Ph.D, menyampaikan bahwa Parade Gamelan ini adalah rangkaian Dies Natalis yang menjadi bentuk rasa syukur atas semua jerih payah dalam berkarya.

“Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada segenap peserta, pendamping, para orang tua yang sungguh-sungguh mendukung anak-anak kita untuk bertemu bersama di tempat ini. Selamat berparade, selamat menampilkan yang terbaik dan selamat pagi, kita berjumpa lagi tahun depan” ungkapnya. 

Dari gelaran Parade Gamelan 2023 ini sejumlah apresiasi diberikan kepada para penampil. Apressi Kreasi Gending Terbaik diberikan kepada SD Tumbuh 1, Apresiasi Pengendang Terbaik diberikan kepada SD Tumbuh 2, sementara Apresiasi Pembonang Terbaik dan Penampil Terbaik diberikan kepada SD Krista Gracia.

(BR/RTR-Humas USD) 

  kembali