USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

‘Drug Abuse and Drug Misuse’ : Edukasi dan Promosi Kesehatan oleh Prodi Pendidikan Profesi Apoteker

diupdate: 5 bulan yang lalu

dok. PSPPA

Jumat, 10 November 2023 Program Studi Pendidikan Profesi Apoteker mengadakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di SMK SMK Kesehatan Pelita Bangsa dan SMA Katolik Sang Timur Yogyakarta. Kegiatan yang dilaksanakan oleh para mahasiswa dan dosen pendamping ini mengangkat tema “Edukasi dan Promosi Kesehatan: Drug Abuse and Drug Misuse”.
 
Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) merupakan salah satu program tahunan dari Program Studi Pendidikan Profesi Apoteker Universitas Sanata Dharma (USD). Sejumlah mahasiswa Profesi Apoteker USD di bawah bimbingan langsung dari Dr. apt. Agatha Budi Susiana Lestari, apt. Putu Dyana Christasani M.Sc, dan apt. Michael Raharja Gani, M.Farm memberikan edukasi tentang penggunaan obat secara bijaksana kepada para remaja siswa-siswi SMA.

dok. PSPPA
 
Menurut Dr. apt. Agatha Budi Susiana Lestari, kegiatan PKM ini dilatarbelakangi oleh maraknya penyalahgunaan dan penggunasalahan obat khususnya di kalangan generasi muda.
 
“Kurangnya informasi yang diterima siswa/siswi diyakini menjadi salah satu penyebab semakin meningkatnya penyalahgunaan dan penggunasalahan obat di kalangan remaja dari tahun ke tahun,” ungkapnya.
 
Selain itu, lanjut Agatha, tema ini juga diusung untuk mengedukasi para remaja bahwa Apoteker sebagai profesi yang tidak sekedar memberikan obat di apotek.
 
“Kami ingin mengedukasi siswa-siswi SMA bahwa seorang apoteker adalah partner yang senantiasa siap siaga untuk membantu di bidang kesehatan terutama terkait obat-obatan,” lanjutnya.

dok. PSPPA
 
Seluruh rangkaian kegiatan PKM dilakukan dengan strategi jemput bola langsung ke sekolah-sekolah. Para mahasiswa Profesi Apoteker menyampaikan materi yang dikemas secara menarik dengan menggunakan pendekatan yang interaktif dan informatif. Penyampaian materi oleh para mahasiswa minat siswa-siswi untuk menyimak dengan seksama setiap materi yang diberikan.
 
“Kami juga memberikan tips dan trik terkait tempat-tempat untuk membeli obat-obatan yang asli, aman, dan berkualitas; cara membedakan penggolongan obat; hingga cara penggunaan obat-obatan yang familiar digunakan untuk swamedikasi,” papar Agatha.  
 
Kegiatan PKM juga disambung dengan informasi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Universitas Sanata Dharma. Informasi terkait PMB disampaikan secara langsung dan juga melalui leaflet yang dibagikan kepada seluruh siswa/siswi yang hadir saat itu.

dok. PSPPA
 
Seluruh kegiatan PKM ini diharapkan dapat memberi edukasi dan informasi yang tepat tentang bahaya penyalahgunaan dan penggunasalahan obat-obatan kepada para remaja siswa-siswi SMA.
 
“Tentunya kami sangat berharap agar para siswa ini tidak menyalahgunakan dan menggunakan dengan salah, obat-obatan yang dapat membahayakan kesehatan mereka. Dengan pemahaman yang benar, kami berharap mereka akan tumbuh dan berkembang secara optimal menjadi generasi yang menentukan masa depan bangsa," pungkas Agatha.
 
 
(IMT-PSPPA)

  kembali