USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Rockestra, Kolaborasi PSM Cantus Firmus dan HMJ Musik ISI Melintasi Batas Genre Bermusik

diupdate: 6 bulan yang lalu

dok. Humas USD
 
Sabtu 11 November 2023, UKM PSM Cantus Firmus, Universitas Sanata Dharma yang berkolaborasi dengan Himpunan Mahasiswa Jurusan Penyajian Musik, Institut Seni Indonesia, Yogyakarta (ISI Yogyakarta) menyelenggarakan konser berjudul “Rockestra” yang diselenggarakan di Auditorium Driyarkara, Kampus II USD, Mrican. Acara ini dihadiri oleh segenap rektorat dari USD dan ISI Yogyakarta, serta para tamu undangan dan penonton yang hadir. “Rockestra” adalah hasil kerjasama USD dan ISI dalam tugas tridharma perguruan tinggi yang sudah lama dijalin bersama. 
 
Ketua Panitia Rockestra, Nanerl Ayening Pangestuti menyampaikan rasa syukur dan haru atas terselenggaranya acara ini,“Puji syukur, konser ini akhirnya terselenggara setelah kami semua berjuang untuk bisa mewujudkannya,” tuturnya. Rockestra hadir untuk menerobos batas-batas yang selama ini, untuk mendeklarasikan kebebasan yang sesungguhnya, khususnya dalam seni, “Sejatinya manusia hidup terbatas. BEBAS, Seni adalah bentuk kebebasan kita dalam berekspresi, salah satunya bernyanyi dan bermusik. Bersyukur untuk setiap dinamika, dan proses yang telah berlalu. Rockestra hadir untuk menunjukkan ekspresi, semangat. Genre pop-rock kami ambil untuk kembali menyemangati hidup kami semua. Terima kasih untuk penyanyi, pemusik, crew, dan semua pihak yang terlibat dan mendukung secara penuh.” kesannya.
 
Senada dengan Ketua Panitia, Pelatih UKM PSM Cantus Firmus Pancasona Adji, S.Sn. menyampaikan rasa senangnya karena pada akhirnya kolaborasi ini dapat terwujud dengan terobosan baru, “Terima kasih untuk seluruh mengapresiasi. Kita mencoba berkolaborasi dengan teman dari ISI Yogyakarta untuk menggabungkan musik atau lagu rock dengan genre orchestra. Kami mencoba mendobrak dengan konsep yang baru, untuk mengubah stigma rock tidak hanya musik keras saja,” tuturnya.

dok. Humas USD

Rockestra adalah konser musik kolaborasi antara UKM Paduan Suara Mahasiswa Cantus Firmus dengan Himpunan Mahasiswa Jurusan Penyajian Musik, Institut Seni Indonesia, Yogyakarta. Rockestra hadir untuk mendobrak stigma masyarakat yang menilai bahwa musik genre rock hanya genre musik “keras” saja. Rockestra membuktikan bahwa “musik keras” bisa berkolaborasi dengan genre orchestra. Konser ini juga hadir sebagai perwujudan seni yang bebas. Bebas berkreasi, bebas menuangkan ekspresi seni, dan bebas menikmati estetika musik.
 
Kolaborasi yang terjalin antara ISI Yogyakarta dan PSM Cantus Firmus USD tentunya sngat didukung oleh para pimpinan kedua perguruan tinggi. Hal ini disampaikan oleh Pembantu Rektor II ISI Yogyakarta, Dr. Suryanti, M.Hum., yang berharap kerjasama ini dapat terus dilanjutkan kedepannya, “Kerjasama yang berkaitan dengan tridharma perguruan tinggi memang sudah banyak dilaksanakan, salah satunya malam ini. Kami mengharapkan tidak hanya malam hari ini, tapi seterusnya bisa berlanjut, bersama dengan Universitas Sanata Dharma,” pesannya.

Hal senada juga disampaikan oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik USD, Prof. Ir. Sudi Mungkasi, Ph.D.

“ISI Yogyakarta dan Universitas Sanata Dharma tidak hanya berkolaborasi dan melakukan kerjasama dalam konser, tapi juga seminar ilmiah, dan masih banyak lagi. Sudah sepatutnya kita melanjutkan kerjasama ini. Melalui seni, banyak hal dapat dicapai. Ide, inisiatif, kreatif, bisa dituangkan melalui ini, selamat berkonser dan merayakan seni dengan bebas.” tuturnya. 
 
 

(SPP/DKS-Humas USD)


 



  kembali