USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

USD Selenggarakan Liga Kalkulus Sanata Dharma Tahun 2021

diupdate: 1 bulan yang lalu




Universitas Sanata Dharma (USD) melalui Program Studi Pendidikan Matematika FKIP USD dan Program Studi Matematika FST USD menyelenggarakan secara rutin Liga Kalkulus Sanata Dharma atau Sanata Dharma Calculus League (SADHARCALL). Pelaksanaan tahun ke-3 (tahun 2021) kegiatan masih digelar secara virtual seperti tahun ke-2, kali ini mencapai peningkatan peserta yang sangat tinggi hingga diikuti 146 mahasiswa D3/D4/S1 dari 47 perguruan tinggi di Indonesia.

Rektor USD, Johanes Eka Priyatma, M.Sc., Ph.D. saat membuka kegiatan menegaskan bahwa di balik kemajuan teknologi yang pesat pasti ada pemodelan matematika yang dikembangkan para matematikawan, kompetisi seperti ini bukan hanya sekedar mencari pemenang namun juga meningkatkan gairah belajar matematika khususnya kalkulus.

Kegiatan lomba tersebut berlangsung pada tanggal 26-27 November 2021. Hari pertama untuk menyisihkan peserta menjadi 16 peserta, kemudian lanjut ke semifinal pada hari berikutnya. Pelaksanaan tahun ini panitia mulai mencoba menggunakan Learning Management System (LMS) USD, di mana sebelumnya masih menggunakan Google Classroom. Di hari kedua, 16 semifinalis berlomba menjadi 5 terbaik untuk menjadi finalis. Didapatlah 5 juara SADHARCALL 2021, yaitu: (Juara 1) Fahreezan Sheraz Diyaldin dari Universitas Gadjah Mada, (Juara 2) Muhammad Nur Fadli dari Universitas Diponegoro, (Juara 3) Arief Rachman Hakim dari Universitas Negeri Surabaya, (Juara 4) William Kosasih dari Universitas Gadjah Mada, dan (Juara 5) Devandhira Wijaya Wangsa dari Universitas Pelita Harapan.

Soal untuk final SADHARCALL 2021 kali ini dibuat dan dikoreksi langsung oleh 2 juri SADHARCALL 2021 yakni Ricky Aditya, M.Sc. dari Universitas Sanata Dharma dan Made Tantrawan, S.Si., M.Sc., Ph.D. dari Universitas Gadjah Mada. Tayangan ulang kegiatan ini dapat diakses di website usd.ac.id/sadharcall.

(MDS)

  kembali