USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Seminar Fisika: Implementasi Fisika dalam Teknologi Masa Kini

diupdate: 4 tahun yang lalu




Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Sanata Dharma (USD) pada tanggal 22 November 2019 menyelenggarakan Seminar Fisika yang bertema “Implementasi Fisika dalam Teknologi Masa Kini”. Tema ini diangkat karena panitia ingin memperkenalkan bahwa Fisika dapat menjadi ilmu pengetahuan yang dapat diterapkan dalam teknologi dan kehidupan sehari-hari. Selain itu, seminar sebelumnya sudah membahas dari segi Ilmu Pendidikan dalam Pendidikan Fisika. Acara ini diadakan di Ruang Multimedia Gedung Utama, Kampus 3 USD.

Seminar ini dibuka dengan sambutan dari Bapak Albertus Hariwangsa Panuluh, M.Sc. selaku Wakil Ketua Program Studi Pendidikan Fisika USD, Ketua HMPS Pendidikan Fisika, Ketua panitia Seminar Fisika 2019, kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi dari pembicara yaitu  Dr. Eng. Kuwat Triyana, M.Si. (Dosen Program Studi Fisika UGM). Beliau memaparkan penelitian, riset, dan implementasinya dalam kehidupan sehari-hari seperti teknologi dan riset yang telah ia lakukan adalah pengembangan sensor, electrospinning nanofiber, electronic nose (e-nose), dan electronic tongue (e-tongue). Dalam hasil penelitiannya, teknologi yang ia ciptakan dapat digunakan dalam mengelompokkan partikel tertentu seperti karakteristik air minum, produk makanan, dan lain-lain. Bapak Kuwat menjelaskan bahwa untuk menerapkan Ilmu Fisika dalam teknologi masa kini, Hanya dibutuhkan teori dasar, dan selebihnya itu merupakan kompetensi. Beliau juga berpendapat bahwa banyak masyarakat yang menganggap Ilmu Fisika adalah ilmu yang sulit dipelajari, namun sebenarnya Ilmu Fisika sangat mudah untuk diterapkan dalam teknologi yang dibutuhkan sekarang. Bapak Kuwat berharap bahwa akan ada lebih banyak siswa yang berminat untuk belajar Ilmu Fisika untuk diterapkan dalam teknologi pada zaman sekarang, sehingga akan banyak mengurangi permasalahan yang banyak terjadi di Indonesia, seperti sampah plastik dan beredarnya produk yang tidak layak dikonsumsi.

“Kami berharap bahwa setelah mendengarkan seminar ini, peserta dapat lebih tertantang untuk mengembangkan potensi dan terus menggali pengetahuan-pengetahuan dan mengembangkan teknologi.” ujar Patricia Priska Rambing selaku ketua panitia Seminar Fisika 2019. Selain itu, panitia juga berharap bahwa akan makin banyak orang-orang yang tertarik dengan Ilmu Fisika setelah mendengarkan seminar ini.

(DBS & DM)

  kembali