USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan Ke-78 Republik Indonesia : Merdeka adalah Bertanggung Jawab

diupdate: 9 bulan yang lalu

dok. Humas USD

Kamis 17 Agustus 2023. Universitas Sanata Dharma menyelenggarakan upacara pengibaran bendera dalam rangka Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78 di halaman Hall Selatan Kampus III, Paingan. Bertindak sebagai inspektur upacara, Wakil Rektor II USD, Dr. Yohanes Harsoyo, M.Si. Upacara berlangsung khidmat dan diikuti oleh segenap dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa. 
 
Dalam amanatnya, inspektur upacara menyampaikan bahwa selain rasa syukur, kita perlu mengisi kemerdekaan dengan sikap tanggung jawab untuk selalu belajar mengembangkan diri.

dok. Humas USD
 
“Tentunya rasa syukur adalah rasa yang terpancar ketika sekarang kita merasakan kemerdekaan, kebebasan, dan ini patut kita syukuri. Merdeka sama dengan tanggung jawab. Saya optimis kita semua bisa maju karena bangsa Indonesia adalah bangsa pembelajar yang baik, dan ini jangan menjadikan kita punya pemikiran yang sempit, yang fanatik, dan mementingkan kepentingan politik serta golongan tertentu saja namun kepentingan bersama, kepentingan negara,” tegasnya
 
Inspektur upacara juga menyampaikan, sebagai warga USD yang adalah bagian dari Republik Indonesia, maka semua sivitas akademika memiliki tugas untuk sama-sama membangun lingkungan yang mau bertumbuh, berkreasi, dan peduli, 

dok. Humas USD
 
“USD adalah kampus yang menjunjung tinggi nilai nasionalisme, kita harus mengambil bagian dalam menyatukan bangsa, bukan hanya menerima saja, karena kita ini satu negara dan satu bangsa” pesannya.
 
Upacara yang dimulai sejak pukul 08:00 berlangsung sekitar satu jam. Seusai upacara, para peserta melakukan ramah tamah di Ground Floor Gedung Utama Kampus III Paingan.
 
(SPP/CNSN)
 

  kembali