USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Universitas Sanata Dharma Terima Kunjungan dari Swinburne University of Technology, Sarawak

diupdate: 9 bulan yang lalu


Selasa, 15 Agustus 2023, Universitas Sanata Dharma (USD) menerima kunjungan dari Swinburne University of Technology, Sarawak, Malaysia (SUTS) yang diwakili oleh Deputy Pro Vice Chancellor (Research), Prof. Dr. Ida Fatimawati bt Adi Badiozaman dan Deputy Head of School (Design & Arts), Ts. Augustus Raymond Segar. Kunjungan ini diterima oleh jajaran Rektorat USD.

Kunjungan SUTS dibagi menjadi dua rangkaian, yaitu seminar dan workshop dengan tujuan untuk memperbarui MoU kerja sama antara SUTS dengan USD serta berdiskusi tentang program doktoral yang ditawarkan oleh SUTS kepada USD. Rektor USD, Pater Albertus Bagus Laksana, SJ., Ph.D., menyampaikan bahwa kunjungan ini merupakan kesempatan bagus bagi kedua belah pihak, terutama USD yang ingin mendukung dosen untuk melakukan studi lanjut.

“Melalui pertemuan ini, kami berharap bisa semakin mempererat kerjasama antara STUS dengan USD. Pertemuan dengan STUS ini juga memberikan pemahaman mendalam bagi kami terkait program doktoral yang ditawarkan oleh STUS, terutama di bidang ekonomi dan teknologi. Harapannya, dosen kami dapat lebih termotivasi untuk mengambil studi lanjut,” ungkapnya.

Rangkaian kunjungan dari STUS dimulai dengan seminar yang dipresentasikan oleh Prof. Dr. Ida Fatimawati bt Adi Badiozaman terkait STUS serta tawaran kerja sama program doktoral di bidang ekonomi dan teknologi yang ditawarkan dan bisa diikuti oleh dosen USD. Wakil Rektor I, Prof. Ir. Sudi Mungkasi, Ph.D., menyambut dengan hangat kolaborasi yang ditawarkan oleh STUS.

“Kami dari USD menerima kesempatan kolaborasi ini dengan sangat terbuka. Karenanya, kami menyarankan untuk memperbarui Memorandum of Understanding (MoU) antara STUS dengan USD, serta membuatnya sebagai general collaboration sehingga kita bisa lebih leluasa untuk melakukan kerja sama, tidak hanya untuk penelitian saja,” ungkapnya.

Menanggapi hal tersebut, Prof. Dr. Ida Fatimawati bt Adi Badiozaman mengungkapkan bahwa MoU dapat diperbarui sesuai dengan kesepakatan kedua belah pihak.

“Kami dari STUS tahu bahwa kerja sama dan kolaborasi dengan USD dapat membawa banyak manfaat bagi kami, terutama tentang riset dan teknologi, karena kita memiliki banyak kemiripan, seperti kemiripan dalam budaya dan rumpun bahasa. Karenanya, MoU dapat disesuaikan dan dikembangkan sesuai dengan kebutuhan USD dan STUS agar dapat memberikan lebih banyak kesempatan kerja sama di berbagai program secara general,” jelasnya.

Rangkaian acara dilanjutkan dengan workshop dan diskusi tentang studi lanjut. Workshop dipimpin oleh Prof. Dr. Ida Fatimawati bt Adi Badiozaman dan Ts. Augustus Raymond Segar, serta diikuti oleh dosen USD yang didukung untuk melakukan studi lanjut. Melalui workshop dan diskusi terkait program doktoral, mulai dari perencanaan serta hingga persiapan, dosen USD dapat termotivasi untuk mengambil program doktoral, terutama di SUTS.

“Terima kasih atas kunjungan dari STUS ke USD. Kami dari USD sangat menikmati workshop serta diskusi yang telah dilakukan bersama dengan Prof. Ida dan Pak Augustus. Terima kasih atas kunjungannya. Kami harap bahwa dengan kolaborasi ini, kita bisa membuka kesempatan kolaborasi lebih banyak dan tidak hanya berfokus pada program doktoral,” tutup Wakil Rektor IV, Caecilia Tutyandari.

(TPP/DKS – Humas)

  kembali