USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Terima Kunjungan Sekolah Kesatuan Bangsa, FKIP USD kerjasama Penyiapan Guru Masa Depan.

diupdate: 9 bulan yang lalu



Jumat 11 Agustus 2023, FKIP Sanata Dharma menerima kunjungan dari SMP-SMA Kesatuan Bangsa, Yogyakarta. Kunjungan ini diselenggarakan di Ruang Rapat Dekanat FKIP USD, Kampus I, Mrican, Yogyakarta. Kunjungan ini bertujuan untuk menjalin kerjasama dalam program penyiapan guru masa depan atau Academy of Future Teachers (AFT).
Program AFT menawarkan pengalaman kepada calon guru sebelum mereka terjun langsung ke tempat mereka menjadi pendidik di sekolah-sekolah mulai dari PAUD hingga SMA.
Program AFT dilaksanakan selama 6 bulan, dimulai sejak bulan September 2023 hingga bulan April 2024 dan terbuka bagi para mahasiswa FKIP USD yang saat ini memasuki semester tujuh dan juga terbuka untuk para mahasiswa yang baru saja lulus, namun belum bekerja di institusi/instansi manapun. Tidak ada maksimal kuota dalam program AFT, sehingga siapapun mahasiswa FKIP yang masuk dalam kategori di atas bisa mendaftarkan diri.
Bidang yang ditawarkan dalam program AFT adalah program mengajar dengan mata pelajaran Bahasa Inggris, Matematika, Fisika,Biologi, Kimia, Bahasa Indonesia, dll.


Bekerjasama dengan Eduversal, sebuah lembaga layanan pendidikan, program AFT menawarkan kesempatan mahasiswa FKIP USD untuk mengasah pengalaman dan bahkan berjejaring dengan sekolah mitra yang juga berada di wilayah seperti Canada, Thailand, Laos,
Vezir, M.Ed., School Director Kesatuan Bangsa Bilingual Boarding School Yogyakarta menyampaikan bahwa peningkatan kompetensi dan karakter guru sangat dibutuhkan melalui banyaknya kesempatan mengajar, terutama untuk melayani pendidikan di daera-daerah di seluruh wilayah Indonesia.
“Guru bukan berorientasi lewat uang, kenyamanan, tinggal di kota besar, tapi hati yang melayani para siswa, hingga ke daerah-daerah,” ungkapnya.
Senada dengan keprihatina Vezir, Dekan FKIP USD, Drs. T. Sarkim, M.Ed., Ph.D. menyampaikan bahwa para guru pendidikan di FKIP USD saat ini disiapkan untuk pemerataan pendidikan ke daerah-daerah.
“Kami dari Sanata Dharma berkomitmen untuk melayani para siswa di daerah-daerah seperti Mentawai, Asmat, Mappi, dan masih banyak lagi,” ungkapnya.
Pendaftaran program AFT akan ditutup pada 24 Agustus 2023 dan pelaksanaan program ini akan dimulai pada Bulan September, dan akan berakhir pada bulan April 2024.
(SPP/CSNS/AFH-Humas)

  kembali