Magister Manajemen

Fakultas Ekonomi - Universitas Sanata Dharma

<< WEB FAKULTAS

BERITA

Sekolah Kita Seperti Penjara?
02 October 2023
Opini : Fransiskus Andi, Guru dan Mahasiswa PRP Prodi MM USD 2023

Ekosistem sekolah di era Industri 4.0 kini perlu dipertanyakan kembali apakah sekolah menjadi tempat yang ideal bagi tumbuh kembang anak sampai mencapai usia remaja? Ataukah sekolah merupakan penjara yang memasung kreativitas generasi muda hingga kemudian mereka mencari cara lain di luar sekolah? Jangan jangan sekolah kita seperti penjara?

Seorang penulis Inggris, George Bernard Shaw, mengatakan bahwa sekolah itu lebih buruk daripada penjara. Di penjara tidak ada paksaan untuk menghapal apapun. Sedangkan di sekolah seorang siswa akan dihukum guru jika tidak mampu menjawab pertanyaan guru. Di penjara, tidak ada paksaan untuk membaca dan menghitung sedangkan di sekolah, murid-murid akan dipaksa membaca sebuah buku yang ditulis oleh orang yang tidak pandai menulis. Di penjara, tidak ada ujian dan tes. Sekolah menjadi tempat yang menjemukan. Tidak ada saluran rekreasi kecuali apa yang diperbolehkan oleh para guru. Sekolah menjadi penjara (penjara berkedok sekolah) untuk mendidik seorang murid menjadi murid yang patuh tanpa reserve kepada penguasa.

Istilah "penjara berkedok sekolah" mengacu pada situasi di mana lembaga pendidikan, yang semestinya menjadi tempat yang mendukung pertumbuhan dan pengembangan siswa, malah menjadi tempat yang terasa seperti penjara. Dalam konteks ini, penjara adalah simbol dari pembatasan, kontrol berlebihan, dan kurangnya kebebasan dalam sistem pendidikan. Salah satu penyebab utama penjara berkedok sekolah adalah kurikulum yang tidak memadai. Seringkali, kurikulum yang sangat padat dan fokus pada pengujian dan penilaian dapat membuat siswa merasa terkekang. Mereka tidak memiliki banyak waktu untuk eksplorasi atau pengembangan minat pribadi karena tekanan untuk mencapai hasil yang baik dalam ujian.

Untuk membaca artikel selengkapnya silahkan klik disini
hal. 1  2  3  4  5  ...  25
© 2024 - Magister Manajemen - Fakultas Ekonomi - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta