Magister Manajemen

Fakultas Ekonomi - Universitas Sanata Dharma

<< WEB FAKULTAS

BERITA

KARAKTERISTIK PENDIDIKAN JESUIT DALAM PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH DI PERKUMPULAN STRADA
07 March 2022

Perkumpulan Strada merupakan komunitas pendidikan milik Keuskupan Agung Jakarta yang didirikan oleh tiga Jesuit. Pendirian dan pengelolaan Perkumpulan Strada hingga sekarang dipercayakan kepada Serikat Jesus. Sejarah Strada yang panjang, mengindikasikan ada karakteristik pendidikan Jesuit yang dapat ditemukan di sana. Akan tetapi sejak awal pendiriannya karakteristik pendidikan Jesuit belum terungkap secara jelas dalam buku pedoman cara bertindak para guru dan unsur pimpinan di lingkungan Perkumpulan Strada.

Romo Bei Witono, SJ., dengan Dr. Herry Maridjo, M.Si dari Program Studi Magister Manajemen, Universitas Sanata Dharma sebagai dosen pembimbing, telah melakukan penelitian yang berkaitan dengan karakteristik pendidikan Jesuit sebagaimana disampaikan di depan.

Penelitian tersebut bertujuan untuk mengetahui unsur-unsur penting, dan cara Kepala Cabang, Pengawas, para Kepala Sekolah, dan guru dalam menghayati, menghidupi, serta melaksanakan karakteristik pendidikan Jesuit di Perkumpulan Strada. Melalui metode penelitian kualitatif, peneliti berupaya menemukan karakteristik pendidikan Jesuit melalui wawancara mendalam, dengan key person (informan) yaitu orang-orang yang diyakini mengetahui tentang keadaan Perkumpulan Strada. Analisis data dilakukan dengan pengamatan terhadap penghayatan, penghidupan, dan pelaksanaan karakteristik pendidikan Jesuit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik pendidikan Jesuit secara umum sudah, dan sedang dihayati, dihidupi, dan dilaksanakan oleh para informan yang diwawancarai. Kesimpulan yang dapat ditarik adalah karakteristik pendidikan Jesuit dapat ditemukan di dalam komunitas Perkumpulan Strada.

Hasil penelitian Romo Bei Witono, SJ -yang telah menambah gelar akademik-nya dengan Magister Manajemen (MM), dan menjadi alumni Program Studi Magister Manajemen, Universitas Sanata Dharma tersebut, telah terbit sebagai artikel Jurnal ilmiah dengan judul sama dan dapat dibaca pada tautan berikut ini  http://journal2.um.ac.id/index.php/jamp/article/view/23750.

hal. 1  2  3  4  5  ...  21
© 2022 - Magister Manajemen - Fakultas Ekonomi - Universitas Sanata Dharma - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta