Magister Manajemen

Fakultas Ekonomi - Universitas Sanata Dharma

<< WEB FAKULTAS

BERITA

KOLOKIUM RISET TESIS - IZABEL XAVIER do REGO
11 October 2017
KOLOKIUM RISET TESIS - IZABEL XAVIER do REGO  :: Magister Manajemen
Magister Manajemen USD News _Senin, 9 Oktober 2017 merupakan hari yang paling ditunggu-tunggu oleh salah satu mahasiswa MM USD. Izabel Xavier do Rego merupakan salah satu mahasiswa MM angkatan 5 yang pertama maju untuk mempresentasikan hasil penelitiannya selama kurang lebih 5 bulan.

Setelah mahasiswa menyelesaikan Semester III kemudian pada “jeda (libur) semester” mahasiswa melanjutkan  melakukan riset lapangan dan riset lapangan terselesaikan (minimal 75 % tingkat penyelesaian) dalam “masa jeda” tersebut, maka mahasiswa bisa mengusulkan diadakannya Kolokium Riset Tesis. Kolokium Riset Tesis merupakan forum ilmiah wajib bagi setiap mahasiswa yang pelaksanaannya diatur oleh Kaprodi MM USD. Kolokium sebagai forum ilmiah, bagi mahasiswa yang presentasi memperoleh masukan dari dosen pembahas dan tamu undangan. Sehingga pada saat ujian tesis hasil penelitiannya sudah relatif lengkap dan siap untuk diujikan. Kolokium Riset Tesis berlangsung terbuka untuk umum (total 50 menit per mahasiswa), terdiri dari waktu presentasi 20 menit; pembahasan oleh dosen pembahas dan atau invited persons 10 menit, tanggapan peserta kolokium riset 20 menit.

Suster Isa begitu sapaan akrabnya mengambil topik tesis di bidang Sumber Daya Manusia dengan judul penelitiannya Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Sarana Prasarana Terhadap Kinerja Guru (Studi Kasus Yayasan Pendidikan Canossa). Dalam riset tesis ini, peneliti mengambil 3 sekolah sebagai studi kasus yang ketiga sekolah tersebut berada di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Ketiganya ialah TK Canossa  Kupang, TK Canossa Atambua dan SDK Canossa Kupang NTT.

Dosen pembahas dalam Kolokium kali ini ialah Bapak A. Triwanggono, MS dan bapak Drs. T Handono Eko Prabowo, MBA., Ph.D sekaligus sebagai dosen pembimbing Suster Isa. Presentasi dibawa dengan santai namun tetap formal ini berlangsung selama kurang lebih 50 menit (11.00-11.50 WIB) di ruang VC MM USD. Banyak masukan-masukan dari para dosen pembahas untuk penyempurnaan tesis tersebut di antaranya tentang pemaknaan hasil analisis deskriptif serta pengujian hipotesis. Masukan/saran ini menjadi catatan yang sangat penting bagi mahasiswa tersebut.

Selamat untuk Suster Isa karena sudah melewati seminar/ Kolokium riset tesis dengan baik serta semangat untuk menyelesaikan penelitiannya hingga nanti akan maju untuk sidang Tesis.  
hal. 1  ...  13  14  15  16  17  ... 25
© 2024 - Magister Manajemen - Fakultas Ekonomi - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta