Magister Manajemen

Fakultas Ekonomi - Universitas Sanata Dharma

<< WEB FAKULTAS

BERITA

PERTEMUAN PERDANA "STUDENT FORUM DISCUSSION"
17 October 2016
PERTEMUAN PERDANA "STUDENT FORUM DISCUSSION" :: Magister Manajemen
Magister Manajemen USD News - Jumat, 14 Oktober 2016, 19.00 WIB, forum diskusi mahasiswa Magister Manajemen USD yang pertama dimulai. Program ini diadakan sebagai wadah bagi mahasiswa/i yang ingin belajar membuat tulisan ilmiah sekaligus mengkomunikasikannya kepada para peserta diskusi. Program ini rencananya akan diadakan setiap Jumat pada minggu pertama dan ketiga. Pembicara utama dalam diskusi ini adalah mahasiswa/i Magister Manajemen USD. Pada kesempatan tertentu, pembicara lain akan diundang untuk memperkaya dan memberi warna lain dalam forum diskusi. Tema dan topik diskusi adalah seputar bidang ekonomi dan manajemen dengan perspektif yang lebih luas.  Dengan adanya forum ini, mahasiswa/i diharapkan semakin memiliki wawasan yang lebih luas dengan ‘kacamata’ yang beragam.

Diskusi perdana ini dibawakan oleh Tappin Saragih dengan judul “Sustainability: Manusia Harus Mati!”. Di dalam diskusi ini, beliau berbicara seputar perilaku buruk (konsumtif dan hedonis) manusia seperti masalah sampah eletronik dan sampah makanan di dalam  kehidupan sehari-hari. Manusia yang lebih cenderung merusak sistem rantai makanan dengan perusakan hutan, pemborosan energi (termasuk juga makanan), pemburuan illegal dan lain sebagainya merupakan perilaku tidak bertanggung jawab manusia terhadap lingkungan hidup secara menyeluruh. Perilaku-perilaku yang tidak bertanggung jawab tersebut sangat berdampak bagi keragaman hidup dan juga keberlanjutan hidup Terdapat hal  menggelitik dari tulisannya yang mengatakan ‘manusia harus mati’ dengan anggapan bahwa tanpa kehadiran manusia ekosistem dan rantai makanan hidup sepertinya akan menjadi lebih baik.

Para peserta diskusi saling berbagi pengalaman dan memberikan komentar yang membangun dalam diskusi. Di akhir acara, para peserta saling memberikan masukan yang bisa membangun forum diskusi mahasiswa menjadi lebih baik, misalnya tema atau topik, aturan main diskusi, dan cara publikasi agar mahasiswa yang lain tertarik mengikuti forum diskusi, sehingga forum tersebut dapat berlanjut dan menjadi program yang bermanfaat bagi mahasiswa. Semoga forum yang baru lahir ini dapat bertumbuh dan berkembang serta memberikan manfaat bagi mahasiswa dan juga pihak lainnya.

 










hal. 1  ...  15  16  17  18  19  ... 25
© 2024 - Magister Manajemen - Fakultas Ekonomi - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta