Magister Manajemen

Fakultas Ekonomi - Universitas Sanata Dharma

<< WEB FAKULTAS

BERITA

PELATIHAN GREEN ENTREPRENEUR SE-DIY BATCH II - HARI KE - 5
13 September 2016
PELATIHAN GREEN ENTREPRENEUR SE-DIY BATCH II - HARI KE - 5 :: Magister Manajemen
Magister Manajemen USD News. Pelatihan hari terakhir, Minggu 11 September 2016, berjalan dengan baik dan diisi dengan dua topik utama yakni hasil pelatihan (evaluasi) dan perutusan atau peneguhan secara spiritual. Pada bagian evalusi dibawakan oleh Bapak Titus Odong. Review sekilas mengenai materi selama pelatihan yang terkait dengan masalah-masalah  UMKM dibahas kembali. Analisis pelaksanaan Green Enterpreneur Training 2 (GET) pre dan post test meniai aspek yaitu 1) pemahaman peserta atas training yang ditawarkan, 2) ekspektasi atau harapan dalam mengikuti training, 3) motivasi yang mendorong mengikuti training, 4)  kontribusi mengikuti training, 5) materi pelatihan yang ditawarkan. Beberapa hasil pelatihan seperti peserta sangat memahami jenis pelatihan yang ditawarkan, peserta sangat yakin GET bisa membantu mengembangkan usahanya, peserta yakin GET sangat relevan untuk menyelesaikan masalah usahanya, peserta sangat mendukung program GET dan berkomitment untuk berkontribusi untuk menjaga keberlanjutan, peserta sangat yakin GET telah meningkatkan pemahaman mereka atas materi materi yang diberikan.

Pada sesi evaluasi ada sesi tanya jawab dengan dengan para peserta. Peserta mengungkapkan mereka kebanyakan harus meninggalkan usaha dan akibatnya mereka  harus mengerjakan tugas mereka di malam hari sehingga mereka akibatnya mereka sering telat bangun. Ada juga peserta berkomentar bahwa komitmen itu hal yang penting dan itu akan terwujud misalnya disiplin. Harus mau mengorbankan sesuatu hal demi hal yang lebih besar. Artinya disetiap pilihan atau komitmen selalu ada konsekuensi yang menyertai.  Selain itu, ada peserta yang berkomentar bahwa pelatihan tentu sangat berguna bagi para peserta tapi back ground masing-masing peserta akan menentukan ke dalaman pemahaman.

Bapak Titus Odong juga mengenalkan Credit union sebagai komunitas dan juga tempat pendidikan yang bagus bagi para pengusaha. credit union: intermediasi keuangan, intermediasi sosial, jasa-jasa sosial dan jasa-jasa pengembangan usaha. Ada tiga pilar credit union yakni prinsip keswadayaan (penggalangan tabungan anggota untuk mengembangkan usaha), prinsip solidaritas (penggalangan dana untuk pembiayaan pendidikan anggota dan kegiatan sosial lainnya) dan prinsip pendidikan.

Pada acara perutusan, Romo Sunu menjelaskan mengenai tiga daya jiwa yakni rasa, nalar dan kehendak. Romo menjelaskan bahwa kehendak yang baik hanya akan muncul jika rasa dan nalar seimbang. Supaya kita menjadi lebih peka (cerdas) dalam hidup, kita harus mengumpulkan segala pengalaman (rasa), kemudian menalarnya (refleksi) dan kemudian memiliki niat atau kehendak  sebagai buah dari refleksi.

Setelah itu, misa penutupan pelatihan dipimpin langsung oleh Romo Sunu dan kemudian dilanjut untuk makan bersama. Peserta GET 2 ini sudah memiliki ketua baru sebagai penyatu semua anggota untuk komunikasi dan keberlanjutan pelatihan di hari hari berikutnya yaitu Bapak Henricus sebagi ketua dan Albert sebagai wakil ketua.  Dengan demikian, pelatihan ini diharapkan memiliki dampak yang positif bagi para peserta dan akhirnya bisa memberikan dampak juga bagi masyarakat yang lebih luas demi kehidupan yang lebih baik.


PELATIHAN GREEN ENTREPRENEUR SE-DIY BATCH II - HARI KE-5


PELATIHAN GREEN ENTREPRENEUR SE-DIY BATCH II -HARI KE- 5


PELATIHAN GREEN ENTREPRENEUR SE-DIY BATCH II - HARI KE-5


PELATIHAN GREEN ENTREPRENEUR SE-DIY BATCH II - HARI KE-5


PELATIHAN GREEN ENTREPRENEUR SE-DIY BATCH II - HARI KE-5


PELATIHAN GREEN ENTREPRENEUR SE-DIY BATCH II - HARI KE-5


PELATIHAN GREEN ENTREPRENEUR SE-DIY BATCH II - HARI KE-5


PELATIHAN GREEN ENTREPRENEUR SE-DIY BATCH II - HARI KE-5


PELATIHAN GREEN ENTREPRENEUR SE-DIY BATCH II - HARI KE-5


>>> PELAKSANAAN PELATIHAN GE BATCH II HARI KE-1 KLIK DI SINI

>>> PELAKSANAAN PELATIHAN GE BATCH II HARI KE-2 KLIK DI SINI

>>> PELAKSANAAN PELATIHAN GE BATCH II HARI KE-3 KLIK DI SINI

>>> PELAKSANAAN PELATIHAN GE BATCH II HARI KE-4 KLIK DI SINI

BANNER GREEN ENTERPRENEURSHIP  >>>>
hal. 1  ...  15  16  17  18  19  ... 25
© 2024 - Magister Manajemen - Fakultas Ekonomi - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta