Magister Manajemen

Fakultas Ekonomi - Universitas Sanata Dharma

<< WEB FAKULTAS

BERITA

DISKUSI ILMIAH: SISTEM PENJAMINAN MUTU INTERNAL (SPMI) - UPDATED
28 April 2016
DISKUSI ILMIAH: SISTEM PENJAMINAN MUTU INTERNAL (SPMI) - UPDATED :: Magister Manajemen
Magister Manajemen USD News -  Akreditasi Program Studi berdasarkan Undang-Undang No.12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi dan Permendikbud No. 50 Tahun 2014 tentang Sistem Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi, merupakan kewajiban kewajiban. Saat ini terjadi perubahan sangat singnifikan yaitu adanya kesamaan parameter (sinkronisasi) dalam Sistem Penjaminan Mutu Intenal (SPMI) dan Sistem Penjaminan Mutu Ekternal atau Akreditasi yang dilakukan oleh BAN PT (Badan Akreditasi Nasional)  dan LAM (Lembaga Akreditasi Mandiri). Demikian juga semula terdapat 7 standard pada ketentuan yang baru menjadi 9 standard, demikian narasumber Ir. Ignatius Aris Dwiatmoko, M.Sc. yang merupakan salah satu dari tiga fasilitator SPMI Kemernristek DIKTI untuk Kopertis Wilayah V dan VI. Diskusi Ilmiah berlangsung dengan menarik dan dilaksakan dalam rangka untuk memperoleh Updated SPMI dan mempersiapkan Akreditasi Program Studi MM USD khususnya dan Prodi-Prodi lain di FE USD.

Diskusi Ilmiah: Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) yang diselenggarakan pada hari Rabu, 27 April 2016, pkl. 10.00 – 13.00 di Video Conference MM USD, diikuti oleh Pejabat Struktural FE USD, Dosen Tetap Prodi MM USD serta Tim Akreditasi MM USD. Pelaksanaan akreditasi oleh BAN PT maupun oleh LAM menggunakan "standard sama". Setiap Program Studi harus memenuhi Standard Minimal ketentuan Standard Nasional PT. Namun terbuka Program Studi yang mampu bisa memenuhi dengan standard yang lebih tinggi, karenannya bisa memperoleh penilaian akreditasi yang lebih baik.

Berdasarkan ketentuan di atas maka SPMI program studi menjadi sangat penting. Tujuan SPME atau Akreditasi menentukan kelayakan Program Studi dan Perguruan Tinggi berdasarkan kriteria yang mengacu pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi; menjamin mutu Program Studi dan Perguruan Tinggi secara eksternal baik bidang akademik maupun non akademik untuk melindungi kepentingan mahasiswa dan masyarakat. Prinsip SPME atau Akreditasi: independen; akurat; obyektif; transparan; dan akuntabel. Continuous Improvent merupakan salah satu konsep yang selalu diterapkan untuk menajamin akuntabilitas publik dan Good University/Study Program Governance.

Persiapan menghadapi SPME (akreditasi) setiap Prodi membutuhkan persiapan yang matang baik dalam bentuk dokumen (hardcopy) maupun  digital yang harus di upload website PDPT Kemenristek DIKTI.  Secara keseluruhan MM USD dengan Tim Akreditasi MM USD memperoleh gambaran menyeluruh tentang SPMI dan SPME sehingga bisa mempersiapkan dengan baik. Pada bagian akhir Kaprodi MM USD berharap semua pihak (stakeholders) MM USD bisa berperan serta mendukung sesuai dengan peran masing-masing untuk mengantarkan MM USD menuju akreditasi lebih baik direncankan pada bulan September 2016. Semoga .....
(Elga)



Workshop Update SPMI dan SPME

Workshop Update SPMI dan SPME

Workshop Update SPMI dan SPME


Workshop Update SPMI dan SPME


Workshop Update SPMI dan SPME


Workshop Update SPMI dan SPME
@ Elga                                          

>>>>>  Kembali

INFORMASI PENERIMAAN MHS BARU MM USD >>>>>

hal. 1  ...  18  19  20  21  22  ... 25
© 2024 - Magister Manajemen - Fakultas Ekonomi - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta