FAKULTAS SASTRA UNIVERSITAS SANATA DHARMA

Program Studi Sejarah, Fakultas Sastra, Universitas Sanata Dharma membekali mahasiswa dengan kemampuan menganalisis peristiwa masa lalu secara kritis berdasarkan teori dan metode sejarah yang kokoh, sehingga mampu memberi sumbangan pemikiran dalam membentuk dan membangun masa depan bangsa yang berkesadaran sejarah.

 SELENGKAPNYA
Diskusi Kesejarahan I: Sejarah Kebudayaan Melayu

Kamis, 16 Mei 2024, Prodi Sejarah, Universitas Sanata Dharma menyelenggarakan diskusi tentang sejarah kebudayaan Melayu di Ruang Kadarman, Gedung Pusat, USD. Diskusi ini membahas sejarah kebudayaan Melayu dan sumbangannya bagi Indonesia. Narasumber mengajak para peserta diskusi untuk dapat memahami sejarah kebudayaan Melayu dari berbagai aspek.

Dalam diskusi kali ini dihadirkan dua narasumber yaitu Ibu Dr. Anastasia Wiwik S., M.A., dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Maritim Raja Ali Haji, Tanjungpinang, dan Bapak Drs. Silverio R. L. A. Sampurno, M.Hum, Ketua Prodi Sejarah Universitas Sanata Dharma. Moderator diskusi adalah Maria Adventya, mahasiswa Prodi Sejarah, USD. Kedua narasumber sudah berpengalaman melakukan penelitian tentang tema yang dipilih. Ibu Wiwik sudah lama berkecimpung dalam penelitian sejarah kebudayaan Melayu dan Bapak Rio sebagai dosen mata kuliah Sejarah Lokal banyak mengangkat tema sejarah daerah-daerah di Indonesia.

SELENGKAPNYA
Multatuli VS Everybody: UKPS Lawas Media Menyelenggarakan Diskusi Buku Max Havelaar melalui Perspektif Alternatif

Pada Selasa, 15 Maret 2023, UKPS Lawas Media Prodi Sejarah USD menyelenggarakan diskusi buku Max Havelaar yang ditulis oleh Multatuli. Diskusi ini bertajuk Multatuli VS Everybody dengan pembahasan utama mempertanyakan kembali kredibilitas substansi buku Max Havelaar dan dampak sosio-kultural yang dihasilkannya terhadap masyarakat Banten dari sejak buku ini ditulis hingga sekarang.

SELENGKAPNYA
Fakultas Sastra Universitas Sanata Dharma Merayakan Lustrum VI

Pada Rabu, 3 Mei 2023 pukul 09:00 - 11:30 WIB, Fakultas Sastra Universitas Sanata Dharma mengadakan seminar puncak sebagai salah satu rangkaian acara Lustrum ke-VI Fakultas Sastra. Seminar ini mengusung tema “Tanggung Jawab Insan Sastra sebagai Global Citizen dalam Merespons Permasalahan Dunia”. Dalam seminar ini diundang Prof. Heddy Shri Ahimsa-Putra, M. A., M. Phil., Ph.D., Guru Besar Antropologi Universitas Gadjah Mada dan Prof. Novita Dewi, M. S., M. A., (Hons.), Ph.D., ahli sastra Universitas Sanata Dharma sebagai pembicara, serta F. X. Risang Baskara, Ph.D sebagai moderator. Kegiatan ini dilaksanakan di secara hybrid (luring dan daring) di Ruang Seminar Driyarkara, di gedung auditorium Universitas Sanata Dharma dan melalui Zoom. Sebelumnya, perayaan Lustrum Fakultas Sastra Ke-VI ini juga diisi dengan kegiatan Anjangsana & Ziarah pada Senin, 20 Maret 2023 dan Bincang Alumni & Malam Keakraban pada 15 April 2023.

SELENGKAPNYA

PMB

Silakan mendaftar disini.