Universitas Sanata Dharma

Fakultas Psikologi

Loading
HomeProfileBeritaAgendaFasilitasAkademikInfo AkademikDownloadKontak

PROFILE

Catatan Historis

Fakultas Psikologi Universitas Sanata Dharma didirikan pada tahun 1996  berdasarkan  Surat Keputusan  Direktur Jenderal  Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 162/DIKTI/Kep/1996 tanggal 4 Juni 1996.

            Persiapan pembukaan Fakultas Psikologi Universitas Sanata Dharma dilakukan oleh sebuah tim kecil terdiri atas lima dosen Program Studi Bimbingan dan Konseling, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universias Sanata Dharma yang berlatar belakang pendidikan Psikologi, atas dasar penugasan dari Rektor Universitas Sanata Dharma. Kerja tim kecil ini sangat terbantu berkat keterbukaan, dorongan dan jasa bantuan Prof. Dr. Masrun, M.A., guru besar psikologi emeritus dari Fakultas Psikologi UGM, yang saat itu masih menjabat Ketua Konsorsium ilmu psikologi.

            Saat akhirnya dibuka pada tahun akademik 1996/1997, Fakultas Psikologi Universitas Sanata Dharma memiliki 8 dosen berlatar belakang Psikologi, kurikulum program Sarjana Psikologi dengan konsentrasi pada psikologi komunikasi dan kurikulum program profesi Psikolog yang disahkan oleh Koordinator Kopertis Wilayah V, dan menerima mahasiswa baru angkatan pertama sebanyak 128 orang. Saat ini Fakultas Psikologi memiliki mahasiswa aktif sebanyak 784 orang dengan jumlah lulusan sebanyak 890 orang dan telah bekerja di berbagai  antara lain di bidang pendidikan, kesehatan, industri, jasa, perbank-an, dan lain-lain.

            Saat dibuka, sesudah berkantor sebentar di kompleks LPUSD di kampus II Mrican, Fakultas Psikologi Universitas Sanata Dharma menempati bangunan unit VII di kampus I Mrican. Tanggal 18 Agustus 1999 Fakultas Psikologi Universitas Sanata Dharma pindah ke kampus III Paingan dan menempati bangunan unit VII. Mulai tanggal 10 Juli 2000, Fakultas ini menempati lokasi tetap di kampus Paingan, yaitu di bangunan Unit I, seperti adanya sekarang.

            Berdasarkan surat keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Depdiknas RI Nomor 029/BAN-PT/Ak-XIII/S1/XII/2010 tanggal 3 Desember 2010, program studi untuk program Sarjana Psikologi yang diselenggarakan oleh Fakultas Psikologi Universitas Sanata Dharma telah terakreditasi sejak 2010/2011 dengan peringkat A. Berarti Fakultas Psikologi Universitas Sanata Dharma dapat menyelenggarakan proses belajar-mengajar secara mandiri.

 

Dosen
Lowongan Kerja
Kemahasiswaan
Info Alumni
Beasiswa
Gallery
 
© 2017 - Fakultas Psikologi - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta  |  Kontak Kami  |  1 user(s) online