PROSEDUR PENDAFTARAN ON-LINE
- Menyetor/mentransfer biaya pendaftaran dan seleksi masuk sebesar Rp 300,000 (US$ 30) Bank Rakyat Indonesia (BRI) No. Rek. 1383.01.000001.30.0 atas nama Universitas Sanata Dharma, dengan menunjukkan kartu identitas dan menyebutkan: “Aplikasi portal SPMB Online non IA Universitas Sanata Dharma”
- Menerima bukti pembayaran yang memuat kode pembayaran untuk login ke sistem PMB USD
- Mendaftar online : Login pada alamat : https://pmb.usd.ac.id/s2/cmb_login.php
- Mengisi formulir secara online, serta mengunggah file :
- Scan/foto Ijasah S1 (atau Surat Keterangan Lulus) dan Transkrip Nilai yang telah dilegalisir.
- Scan/foto dokumen skor kemampuan berbahasa Inggris (ITP), atau memilih untuk tes di USD
- Scan/foto dokumen skor TPA, atau memilih untuk tes di USD
- Scan/foto Surat Motivasi (Motivation Letter)
- Scan/foto Daftar Riwayat Hidup
- Mengisi alamat email pemberi rekomendasi (selanjutnya pemberi rekomendasi akan dihubungi melalui email untuk mengisi rekomendasi secara online).
- Mengisi waktu dan tempat tes dan wawancara sesuai jadwal yang sudah ditentukan.
- Mencetak bukti pendaftaran.
- Calon Mahasiswa mengirim berkas ke Universitas Sanata Dharma, yang terdiri dari:
- 1 lbr Fotokopi Ijazah S1 (dilegalisasi)
- 1 lbr Fotokopi Transkrip Nilai (dilegalisasi)
- 1 lbr Pas Foto uk.4x6 berwarna
- 1 lbr Pas Foto uk.2x3 hitam putih
- 1 lbr Daftar Riwayat Hidup
- 1 lbr Fotokopi Kartu Keluarga/KK
- 1 lbr Fotokopi Akte Kelahiran
- 1 lbr Fotokopi KTP (WNI) / Paspor (WNA)
- 1 lbr Surat Keterangan Berbadan Sehat dari dokter
- Surat Rekomendasi Akademik 2 (dua) orang dari asal Perguruan Tinggi dan tempat kerja (jika sudah bekerja)
- 1 lbr Surat ijin belajar dari Depdikbud RI bagi mahasiswa asing
BIAYA STUDI TAHUN AKADEMIK 2023/2024
Terkait Biaya Studi di S2 PBSI USD, mulai TA 2023/2024 ada kebijakan baru dari USD, di mana biaya kuliah diuraikan menjadi beberapa komponen. Berikut ilustrasi biaya studi untuk mahasiswa yang regristrasi TA 2023/2024. Adapun besaran biaya kuliah secara resmi akan diberikan dalam SK penerimaan mahasiswa baru dan kebijakan USD selanjutnya.
Keterangan: Kompenen 1. DPP dan 3. Iuran Perpustakaan hanya dibayarkan sekali selama kuliah. Untuk semester 2 dan seterusnya yang dibayarkan hanya komponen 2. Uang Kuliah per semester.
PENDAFTARAN MAHASISWA GELOMBANG II 2023/2024 dan selanjutnya secara on-line Pendaftaran Mahasiswa baru S2 PBSI mulai Gelombang II 2023/2024 akan mengikuti kebijakan USD yaitu dilakukan terpusat dan secara online melalui link : https://pmb.usd.ac.id/s2/cmb_login.php. Untuk seleksi mahasiswa baru akan dilengkapi dengan wawancara.
Kaprodi S2 PBSI Dr. B. Widharyanto, M.Pd. 081227215406
MEKANISME PENDAFTARAN MAHASISWA BARU (PMB)
- Pendaftaran mahasiswa baru mulai Gelombang II dan seterusnya akan dilakukan terpusat dan secara ON LINE melalui link: https://pmb.usd.ac.id
- Untuk seleksi mahasiswa baru mulai TA 2023/2024, akan dilengkapi persyaratan tes untuk melihat tingkat kemampuan awal calon mahasiswa yang meliputi Tes Bahasa Inggris dan Wawancara.
- Waktu pelaksanaan pada butir 2, akan ditentukan kemudian.
=================================================================================
WAKTU PENDAFTARAN, TES, PENGUMUMAN, DAN DAFTAR ULANG:
Semester Gasal TA. 2024/2025
|
Tahap 1 |
Tahap 2 |
Tahap 3 |
Pendaftaran |
01 Maret - 19 April 2024 |
19 April - 21 Juni 2024 |
21 Juni - 09 Agustus 2024 |
Tes TPA, TOEFL, Wawancara |
22 April - 23 April 2024 |
24 Juni - 25 Juni 2024 |
12 Agustus - 13 Agustus 2024 |
Pengumuman |
26 Mei 2024 |
28 Juni 2024 |
16 Agustus 2024 |
Batas Daftar Ulang |
10 Juni 2024 |
28 Juli 2024 |
23 Agustus 2024 |
Perkuliahan Semester Gasal TA.2024/2025 mulai tanggal 26 Agustus 2024
PERKULIAHAN
Lokasi perkuliahan S2 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia akan dilaksanakan di Kampus I Universitas Sanata Dharma, Mrican Tromol Pos 29 Caturtunggal Depok Sleman DIY.
DOWNLOAD:
Persyaratan Penerimaan mahasiswa Baru S2 PBSI Semester genap TA. 2020-2021
Pendaftaran Mahasiswa Baru Semester Genap 2020-2021
|