www.usd.ac.id
www.usd.ac.id
  Cerdas & Humanis
English Version  English Version
Loading
HOME TENTANG USD PENERIMAAN MAHASISWA BARU AKADEMIK
  Mail USD      Kontak
:: Berita Kegiatan
Mahasiswa Tuna Rungu USD Selesaikan Studi dengan Tugas Akhir "Aplikasi Pengajaran Bahasa Isyarat Berbasis Web"
USD | 09 September 2017 | 17:05 WIB
  
Mahasiswa Tuna Rungu USD Selesaikan Studi dengan Tugas Akhir

Wisuda Sarjana dan Magister Universitas Sanata Dharma Periode I Tahun Akademik 2017/2018 pada tanggal 8-9 September 2017 menjadi semakin istimewa karena salah satu wisudawan yang bernama Henry Restya Susetya, mahasis wa tuna rungu diwisuda bersama 1003 Wisudawan lainnya di Auditorium Driyarkara, Kampus II Universitas Sanata Dharma. Henry Restya Susetya merupakan salah satu wisudawan dari Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi.

Henry, begitulah ia sering disapa, menyelesaikan tugas akhirnya pada bulan Juli 2017 dengan judul “Aplikasi Pengajaran Bahasa Isyarat Berbasis Web.” didampingi oleh Ibu Agnes Mari Polina, S.Kom., M.Sc. yang melihat Henry memiliki dua kemampuan yaitu Programming Basis data multimedia dan Pengajaran Bahasa Isyarat yang jika disatukan dapat menjadi sebuah Aplikasi Pengajaran Bahasa Isyarat Berbasis Web.

Dalam Kesehariannya, Henry Restya Susetya yang lahir di Purworejo, 25 Juni 1991 ini merupakan sosok yang semangat dan ceria. Namun banyak yang tidak mengetahui bahwa ia adalah seorang tuna rungu sedari kecil. Saat Henry berusia 4 tahun, ia dan keluarganya sadar bahwa salah satu panca indranya tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Namun, kekurangan yang Henry alami tidaklah mempengaruhi dan melunturkan kasih dan sayang dari orang tua dan keluarganya.

Di hari pelepasan wisuda Fakultas Sains dan Teknologi (FST) USD hari Jumat 8 September 2017, Orang tua Henry, Bapak Supraptono Widyanto dan Ibu Sri Sudiyati menceritakan pengalaman Henry mengejar cita-citanya dalam dunia pendidikan. Saat berusia 5 tahun Henry sudah mulai masuk ke dunia pendidikan. Berbekal motivasi dan semangat dari orang tuanya, Henry masuk Sekolah Luar Biasa Bagian B yaitu sekolah khusus untuk penyandang tuna rungu (SLB B Don Bosco Wonosobo). Ia memulai jenjang Taman Kanak-Kanak selama 2 tahun dan melanjutkan Sekolah Dasar selama kurang lebih 8 tahun. Selama menjalani pendidikan, Henry diajarkan banyak hal terlebih mengenai bahasa isyarat, bahasa oral dan ilmu-ilmu lainnya yang diperlukan untuknya supaya semakin siap berinteraksi dengan orang lain dalam aktivitasnya sehari-hari. Setelah lulus dari SLB tersebut, Henry melanjutkan Pendidikan SMP dan SMK di sekolah formal yaitu SMP Bruderan Purworejo dan dilanjutkan di SMK Pangudi luhur Muntilan jurusan Otomotif. Cita-cita Henry yang tinggi mengantarnya di dunia perkuliahan, Henry mengambil jurusan Teknik Informatika, Universitas Sanata Dharma.

Di akhir pertemuan saat acara Pelepasan Wisuda FST, Rektor USD Johanes Eka Priyatma, M.Sc.,Ph.D. menyampaikan bahwa USD sudah menjadi kampus yang humanis dan membuka kesempatan bagi mahasiswa berkebutuhan khusus untuk dapat mengikuti perkuliahan dengan baik. USD juga telah memiliki Pusat Studi Individu Berkebutuhan Khusus (PSIBK) yang diketuai oleh Wahyu Wido Sari, M.Biotech. yang akan membantu mahasiswa USD yang berkebutuhan khusus agar dapat menjalani kehidupan kuliahnya dengan baik. PSIBK juga membuka kesempatan kepada dosen, mahasiswa, dan masyarakat umum yang ingin tergabung belajar bersama bahasa isyarat untuk membantu teman-teman yang berkebutuhan khusus dan belajar berinteraksi dengan mereka.

(YAF)

<< kembali

FAKULTAS

Fakultas Ekonomi
Fakultas Farmasi
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Psikologi
Fakultas Sains dan Teknologi
Fakultas Sastra
Fakultas Teologi
Program Pasca Sarjana

BIRO

Biro Administrasi Akademik
Biro Kerjasama dan Hubungan Internasional
Biro Layanan Umum
Biro Administrasi Perencanaan dan Sistem Informasi
Biro Keuangan
Biro Personalia
Biro Sarana dan Prasarana
Biro Hubungan Masyarakat

LEMBAGA

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Lembaga Bahasa
Lembaga Penjaminan Mutu

PROGRAM KURSUS BERSERTIFIKAT

English Extension Course
Pel. Kom. Interaktif Bhs Inggris P 60 Jam
Indonesian Language & Culture Intensive Course

LINK

Lembaga Studi Realino
ExeLSa
MonEvIn
Oriental Scholar
Politeknik Mekatronika Sanata Dharma
 

KONTAK

humas@usd.ac.id

USD WEB BADGE

WebBadge USD

JEJARING SOSIAL

Facebook Sanata Dharma Twitter Sanata Dharma Instagram Sanata Dharma
© 2017 - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta  |  54.198.52.8: - 1322.4 ms  |   18 user(s) online