www.usd.ac.id
www.usd.ac.id
  Cerdas & Humanis
English Version  English Version
Loading
HOME TENTANG USD PENERIMAAN MAHASISWA BARU AKADEMIK
  Mail USD      Kontak
:: Berita Kegiatan
Inisiasi Sanata Dharma 2017:
Jadi Diri Sendiri, Bersatu dalam Aksi, Kebhinnekaan Menginspirasi
USD | 07 August 2017 | 15:56 WIB
  
Inisiasi Sanata Dharma 2017:<br>Jadi Diri Sendiri, Bersatu dalam Aksi, Kebhinnekaan Menginspirasi :: usd.ac.id

Inisiasi Sanata Dharma 2017 Gelombang 3 diselenggarakan pada tanggal 3-5 Agustus di Kampus 2 Universitas Sanata Dharma (USD). Gelombang terakhir dalam rangkaian Inisiasi Sanata Dharma (Insadha) ini, dalam sesi “Ceramah dan Diskusi” dikemas dengan konsep yang menarik yaitu menggunakan drama singkat sebelum memulai talkshow yang menghadirkan tokoh-tokoh inspiratif sesuai dengan tema Insadha tahun ini “Jadi Diri Sendiri, Bersatu dalam Aksi, Kebhinnekaan Menginspirasi”.

Sosok inspiratif Insadha I Gelombang 3 pada Jumat (4/8) adalah Greg Sindana dan Ivani Lela Herliana, yang merupakan alumni program studi Pendidikan Bahasa Inggris USD yang telah mendirikan komunitas “Ketjilbergerak”. Komunitas ini didirikan pada tahun 2006, yang diawali saat Greg Sindana dan Ivani Lela Herliana sering berkumpul dengan kelompok-kelompok diskusi antar komunitas di USD. Faktor pendukung didirikan komunitas ini adalah mahasiswa USD yang kritis saat diskusi menjadi inspirasi dalam berkontribusi bagi masyarakat. Komunitas Ketjilbergerak ini merupakan komunitas yang ditujukan bagi kaum muda yang menerapkan metode seni dalam wilayah kebudayaan. Pendidikan dengan metode seni menyuguhkan kegiatan yang menyenangkan bagi kaum muda. Ivani Lela Herliana menuturkan bahwa kaum muda dipilih sebagai anggota komunitas Ketjilbergerak karena mereka memiliki energi yang besar “energi mudamu, senjatamu”. Ivani Lela Herliana menjelaskan bahwa anak muda adalah the future of the nation, anak muda adalah generasi penerus bangsa. Maka dari itu dalam komunitas Ketjil Bergerak ini diadakan kegiatan “Jogja Mbhinneka” tahun 2014 dengan tema “Berbeda itu Biasa”. Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga bulan dengan berbagai kegiatan seni, seperti Mural, Musik, dan lain-lain. Tahun 2017 Jogja Mbinneka diadakan pada bulan Maret dengan kegiatan membuat logo dan lomba menulis essai. Tidak tertinggal, Jogja Mbhinneka ini disesuaikan dengan 4 nilai dasar Universitas Sanata Dharma yang salah satunya yaitu Menghargai Keberagaman,

Sosok inspiratif pada Insadha II Gelombang 3 pada Sabtu (5/8) adalah Jay Akhmad, perwakilan dari komunitas Gusdurian. Komunitas Gusdurian ini yang terinspirasi dari kesederhanaan Abdurrahman Wahid atau akrab disapa Gus Dur yang merupakan Presiden RI ke-4. Gus Dur adalah tokoh yang hangat disebut sebagai Bapak Pruralisme Indonesia yang mengayomi masyarakat tanpa melihat latar belakang suku, ras, maupun agama. Salah satu kegiatan yang dijalankan komunitas Gusdurian yang bergerak dalam bidang sosial dan keagamaan adalah pengadaan air bersih di Temanggung. Gusdurian juga mengadakan puasa bersama, saling memberikan bantuan kepada antar umat beragama, dan mengadakan perkemaham yang dihadiri oleh anak muda dengan latar belakang agama yang berbeda. Acara perkemahan tersebut secara otomatis mengajarkan para peserta untuk menghargai agama-agama lain, dan menjadikan mereka berpikiran luas, karena kegiatan-kegiatan di Gusdurian memberikan kesempatan kepada anggota dalam berdialog.

Jay Akhmad mengatakan “aku dan kamu beda, tapi aku dan kamu dapat saling menolong”. Jay Akhmad menuturkan pula bahwa anggota di komunitas Gusdurian harus “memecahkan tembok dan membangun jembatan untuk dilalui kita bersama”. Maksud dari kalimat tersebut adalah, kita rakyat Indonesia yang memiliki latar belakang budaya dan agama yang berbeda harus menghilangkan pandangan negatif, jalin komunikasi, dan saling bersilaturahmii dengan baik kepada saudara-saudara antar umat beragama agar tidak terjadi kesalah pahaman dan perpecahan.

(CU)

<< kembali

FAKULTAS

Fakultas Ekonomi
Fakultas Farmasi
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Psikologi
Fakultas Sains dan Teknologi
Fakultas Sastra
Fakultas Teologi
Program Pasca Sarjana

BIRO

Biro Administrasi Akademik
Biro Kerjasama dan Hubungan Internasional
Biro Layanan Umum
Biro Administrasi Perencanaan dan Sistem Informasi
Biro Keuangan
Biro Personalia
Biro Sarana dan Prasarana
Biro Hubungan Masyarakat

LEMBAGA

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Lembaga Bahasa
Lembaga Penjaminan Mutu

PROGRAM KURSUS BERSERTIFIKAT

English Extension Course
Pel. Kom. Interaktif Bhs Inggris P 60 Jam
Indonesian Language & Culture Intensive Course

LINK

Lembaga Studi Realino
ExeLSa
MonEvIn
Oriental Scholar
Politeknik Mekatronika Sanata Dharma
 

KONTAK

humas@usd.ac.id

USD WEB BADGE

WebBadge USD

JEJARING SOSIAL

Facebook Sanata Dharma Twitter Sanata Dharma Instagram Sanata Dharma
© 2017 - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta  |  54.156.67.164: - 1349.2 ms  |   17 user(s) online