www.usd.ac.id
www.usd.ac.id
  Cerdas & Humanis
English Version  English Version
Loading
HOME TENTANG USD PENERIMAAN MAHASISWA BARU AKADEMIK
  Mail USD      Kontak
:: Berita Kegiatan
GSIP dan VIA: Ihwal Orang Luar yang Belajar tentang Indonesia
USD | 07 August 2017 | 15:40 WIB
  
GSIP dan VIA: Ihwal Orang Luar yang Belajar tentang Indonesia :: usd.ac.id

Final presentation dari program Global Service Internship Program (GSIP) kerja sama Pusat Kajian Demokrasi dan Hak-hak Asasi Manusia (Pusdema) dengan Tamkang University Taiwan digelar pada hari Jumat (28/7) di ruang Magister Manajemen Universitas Sanata Dharma. Program tersebut diselenggarakan sejak tanggal 3 Juli 2017 dengan melibatkan kelas-kelas intensif yang membahas persoalan terkait Indonesia, sejarah dan hak-hak asasi manusia. Di antara para dosen yang mengisi kelas adalah Dr. Anton Haryono, Dr. Baskara T. Wardaya,  Dr. Yerry Wirawan, Dr. Yoseph Yapi Taum  dari Universitas Sanata Dharma, Dr. Sri Margana (UGM), Dr. Budi Irawanto (UGM) serta Shantoy Hades (aktivis).

Sesi kelas intensif dilaksanakan di kantor PUSDEMA. Tema-temanya terkait sejarah Indonesia. Yang menarik misalnya, ulasan Dr. Budi Irawanto yang mengangkat tema Art and Politics in Indonesia (1950s-1960s). Ia memaparkan betapa pada periode 1950-1960-an adalah periode paling dinamis secara politis di Indonesia. Pada masa itu, banyak partai politik dengan orientasi ideologis yang berbeda (nasionalis, religius, komunis) namun mereka bisa bersaing secara terbuka melalui platform politik yang dilembagakan. Dr. Budi Irawanto mengungkapkan bahwa Pemilu 1955 mungkin merupakan kontestasi politik paling demokratis dan damai dalam sejarah Indonesia. Di saat yang bersamaan, kesenian pun tidak terpisahkan dari politik dan banyak seniman terlibat aktif dalam kegiatan politik. Salah satu yang berkontribusi melahirkan perdebatan kritis dalam hubungan antara seni dan politik serta peran seniman dalam masyarakat masa itu adalah LEKRA. Meski selama Orde Baru represi terhadap ide-ide semacam itu menguat, toh sebagaimana diungkapkan oleh Dr. Budi Irawanto, pertunangan seni dalam perubahan sosial masih terus berlanjut.

Menyikapi perubahan zaman yang terus bergerak, Shantoy Hades mengungkapkan peran penting Young People as Agents of Change Technology as Advocacy Tool dalam membela hak-hak asasi manusia. Lebih lanjut, persoalan hak-hak asasi manusia di Indonesia pasca Orde Baru menurut Dr. Y. Tri Subagya masih menyisakan sederet persoalan diskriminasi terhadap kelompok minoritas, baik secara etnis maupun religi. Sentimen tersebut sempat melahirkan gelombang kekerasan etnis di beberapa titik di nusantara seperti di Poso, Ambon dan Kalimantan Barat hingga memakan korban jiwa.

GSIP sendiri adalah program yang dirancang sebagai “jembatan” antara Taiwan dan negara-negara di Asia Tenggara untuk mempelajari hak-hak asasi manusia, sejarah dan budaya di wilayah dimaksud. Program yang berlangsung selama sebulan itu mengemukakan pandangan dari empat mahasiswa yang terlibat yakni Lucy, Ann, Jessica dan Laura atas beberapa poin, di antaranya persoalan agama, edukasi, sejarah, pendidikan seksual, hak-hak perempuan dan LGBT.

Pada bulan yang sama, PUSDEMA juga mendapat kunjungan program kelas studi praktek dan metodologi penelitian sosial dari American University melalui kerja sama dengan Volunteers in Asia (VIA). Kelas diselenggarakan pada 3-10 Juli 2017 lalu dan diikuti oleh 12 mahasiswa dari Amerika. Ini adalah kerja sama kesekian kalinya dan puji Tuhan berjalan dengan lancar. Poin penting yang perlu digarisbawahi dari dua program tersebut, betapa orang luar senantiasa berbondong-bondong datang untuk belajar tentang Indonesia. Bagaimana dengan kita?

(PUSDEMA)

<< kembali

FAKULTAS

Fakultas Ekonomi
Fakultas Farmasi
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Psikologi
Fakultas Sains dan Teknologi
Fakultas Sastra
Fakultas Teologi
Program Pasca Sarjana

BIRO

Biro Administrasi Akademik
Biro Kerjasama dan Hubungan Internasional
Biro Layanan Umum
Biro Administrasi Perencanaan dan Sistem Informasi
Biro Keuangan
Biro Personalia
Biro Sarana dan Prasarana
Biro Hubungan Masyarakat

LEMBAGA

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Lembaga Bahasa
Lembaga Penjaminan Mutu

PROGRAM KURSUS BERSERTIFIKAT

English Extension Course
Pel. Kom. Interaktif Bhs Inggris P 60 Jam
Indonesian Language & Culture Intensive Course

LINK

Lembaga Studi Realino
ExeLSa
MonEvIn
Oriental Scholar
Politeknik Mekatronika Sanata Dharma
 

KONTAK

humas@usd.ac.id

USD WEB BADGE

WebBadge USD

JEJARING SOSIAL

Facebook Sanata Dharma Twitter Sanata Dharma Instagram Sanata Dharma
© 2017 - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta  |  54.81.46.194: - 700.4 ms  |   10 user(s) online