USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Buka Program ESG, Magister Manajemen USD Didukung Oleh ISA

diupdate: 2 minggu yang lalu

(foto: istimewa)

USD - Kamis, 2 Mei 2024, Institute for Sustainability and Agility (ISA) mendukung Universitas Sanata Dharma dalam menyelenggarakan pendidikan formal (Environmental, Social, and Governance) ESG di Indonesia. Kesepakatan itu dicapai dalam Hybrid Seminar yang bertajuk "Human Capital Development for ESG/Sustainability Professionals". Hybrid Seminar ini dihadiri oleh para pelaku usaha, akademisi, serta figur yang berpengaruh dalam bidang ESG dan keberlanjutan di Indonesia, yang dilaksanakan bertepatan dengan peringatan Hari Pendidikan Nasional.

ISA adalah kosultan internasional yang bergerak dalam bidang kepemimpunan, pendidikan dan kemitraan dalam masalah pembangunan yang berkelanjutan. Sementara ESG merupakan konsep yang mengedepankan kegiatan pembangunan, investasi maupun bisnis yang berkelanjutan sesuai dengan tiga kriteria yaitu lingkungan, sosial serta tata kelola. Lahirnya ESG didasari oleh kesadaran investor terkait pentingnya mengelola bisnis yang berintegritas serta berkelanjutan. Perusahaan yang menerapkan prinsip ESG wajib untuk melakukan implementasi terhadap prinsip pelestarian lingkungan, tanggung jawab sosial serta tata kelola yang sesuai. ESG erat kaitannya dengan CSR, dimana perusahaan bertanggung jawab atas dampak sosial dan lingkungan terhadap seluruh kegiatan bisnisnya. CSR fokus pada tanggung jawab sosial perusahaan melalui program filantropi dan inisiatif sosial. Sementara ESG berfokus pada integrasi tanggung jawab sosial dan lingkungan dalam inti praktik bisnis perusahaan.

DI USD, Program ESG menjadi konsentrasi di Program Studi Magister Managemen Fakultas Ekonomi sebagai respon terhadap isu sustainabilitas dalam agenda pembangunan global. Demikian disampaikan oleh Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, Tiberius Handono Eko Prabowo.

"Kami bangga dapat bekerja sama dengan ISA untuk menyiapkan generasi yang dapat menjawab tantangan masa kini dan masa mendatang melalui pembukaan Program Magister Manajemen konsentrasi ESG/Sustainability.Karena keberlanjutan sebagai agenda pembangunan global dapat diwujudkan melalui pemimpin, praktisi, serta SDM yang berkualitas," ujarnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh President Director ISA sekaligus pakar di bidang ESG dan Sustainability, Maria Rosaline Nindita Radyati.

“Bersama tim pakar, kami merancang Program MM-ESG/Sustainability Universitas Sanata Dharma dengan menggunakan pendekatan pracademics, yaitu gabungan antara practical approaches dan academics. Mahasiswa akan banyak belajar dan terlatih dari studi kasus yang nyata serta mahir mengoptimalkan tools-tools ESG/Sustainability terkini," kata Maria.


(AFH)

  kembali