USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Sambutan Rektor

oleh: Johanes Eka Priyatma, M.Sc., Ph.D. Wisuda Periode I TA 2016/2017, Oktober 2016


Para Wisudawan, Orag Tua/Wali, Tamu Undangan, dan segenap Sivitas Akademika USD yang berbahagia.

Pertama tama marilah kita mengucap syukur kepada Tuhan Maha Murah karena pada hari ini kita dapat merayakan keberhasilan kita menyelesaiakan seluruh proses pendidikan sehingga mengantar para wisudawan memperoleh predikat sebagai seorang sarjana atau sarjana utama. Kami mengucapkan selamat dan merasa bangga karena para wisudawan telah menyelesaikan studi dengan baik.

Kepada Bapak/Ibu Orangtua/Wali, saya ucapkan ikut berbahagia karena perjuangan dan jerih payah Bapak/Ibu telah membuahkan hasil yang membanggakan. Semoga hari ini menjadi awal kebahagiaan dan kebanggaan sebagai orangtua yang menyaksikan putra-putrinya merajut masa depan dengan penuh semangat, harapan, dan kepercayaan diri.

Wisuda kali ini berbarengan dengan permulaan rangkaian kegiatan Dies Natalis USD ke-61. Dalam dies kali ini, kita mengusung tema “Cerdas dan Humanis di Era Digital.” Tema ini ingin mengajak kita semua untuk menyadari besarnya tantangan sekaligus peluang dari hadirnya teknologi digital yang semakin hari semakin mendominasi kehidupan kita.

Tantangan dan peluang yang dihadirkan oleh teknologi digital saat ini menawarkan berbagai bentuk atau model baru dalam menopang kegiatan umat manusia khususnya dalam kegiatan produksi dan konsumsi. Untuk itu, dunia digital menawarkan berbagai model baru dalam berbisnis dan menghadirkan cara baru dalam melayani dan menjadin komunikasi dengan pelanggan. Berbagai kemungkinan model baru bisnis ini menuntut Anda semua untuk berani terbuka terhadap pendangan baru atau paradigma baru dalam bekerja dan berusaha. Secara umum, paradigma baru tersebut dipicu oleh kekuatan teknologi digital yang telah membebaskan kita dari kungkungan fisik, ruang, dan waktu.

Kecanggihan teknologi digital tersebut telah menjadikan realitas dunia kita dengan mudah terhubung antara satu dengan yang lain meskipun berada dalam lokasi fisik, ruang dan “waktu” yang berbeda. Keterhubungan ini menjadikan dunia kita semakin lentur dan cenderung cair karena setiap peristiwa yang terjadi di salah satu sudut dunia akan dengan cepat mengalir berpengaruh terhadap peristiwa di sudut dunia yang lain. Dunia kita yang semakin cair ini akhirnya meningkatkan ketidakpastian dan kepermanenan. Dunia kita akan semakin cepat berubah karena kesaling-ketergantungan yang semakin tinggi.

Dunia yang semakin cair dan menyatu ini menghadirkan kemudahan dan peluang yang luar biasa banyak. Kita semua dengan mudah berkomunikasi, berinteraksi dan berkolaborasi dengan banyak pihak dari berbagai pelosok dunia. Realitas ini sebaiknya kita tangkap sebagai hadirnya peluang untuk berkreasi dan berusaha. Yang kita butuhkan hanyalah kesediaan kita untuk terus belajar dan mencoba berbagai kemungkinan yang ada. Anda semua para wisudawan telah mempunyai bekal yang cukup untuk memanfaatkan peluang besar ini.

Meskipun demikian, peluang besar tersebut juga membawa banyak tantangan dan persoalan. Banyak hal harus terus kita kritisi dari semakin intensifnya teknologi digital. Salah satu hal yang harus kita sikapi dengan kritis adalah kecanggihan teknologi ini menghadirkan format representasi data secara digital sehingga mudah untuk dikelola dan dimodifikasi. Kecanggihan ini memunculkan persoalan untuk menjamin keaslian, kebenaran dan legalitas sesuatu. Jika kita tidak hati-hati dan mudah tergoda, teknologi ini akan memberi jalan nyaman bagi berlangsungnya sesuatu secara kilat lewat jalan pintas.

Untuk itu, kami sungguh berharap para wisudawan sungguh menghidupi motto USD yakni Cerdas dan Humanis, lebih-lebih di era digital ini. Wisudawan kami harapkan hidup dan berkarya secara cerdas tetap bersikap teguh dan pantang menyerah memperjuangkan nilai-nilai kemanusiaan demi meningkatnya martabat kita. Nilai kejujuran, ketekunan, keterbukaan, menghargai orang lain, serta semangat rela berkorban akan menjadi kunci keberhasilan Anda semua memasuki dunia yang semakin penuh warna ini.

Akhir kata, selamat berjuang dan tetaplah belajar dengan penuh semangat. Semoga Tuhan yang Maha Bijaksana memberkati Anda semua.

  kembali