Selamat datang di SNFKIP USD 2021!

Seminar Nasional Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (SNFKIP) Universitas Sanata Dharma (USD) pada tahun 2021 kali ini mengambil tema “Pendidikan Bagi Masyarakat di Daerah 3T” yang akan diadakan secara virtual (daring) pada hari Sabtu, 8 Mei 2021.

Pembicara

Keynote Speaker:
 ♦ Nadiem Anwar Makarim, B.A., M.B.A. (Menteri Pendidikan dan Kebudayaan) *dalam konfirmasi

Pembicara:
 Saur Marlina Manurung, S.Ant. (Sekolah Rimba, Jambi)
  Kristosimus Yohanes Agawemu (Bupati Mappi, Papua)
 MY Esty Wijayati (Angtgota DPR RI Komisi X)
 Eny Winarti, Ph.D. (Tim Peneliti Mappi dari USD)

  Latar Belakang

Perkembangan peradaban melaju begitu cepat, namun kemajuan tersebut menyisakan wilayah-wilayah yang tidak cukup menerima stimulan untuk berkembang. Pusat Data Desa Indonesia pada tahun 2019 mencatat 4.777 desa masuk dalam kategori desa tertinggal. Wacana tentang revolusi industri 4.0 dan masyarakat 5.0 cenderung menenggelamkan wacana masyarakat yang hidup di desa tertinggal yang hidup bergantung pada alam dan jauh dari hiruk-pikuk kemajuan teknologi.

Variabilitas perkembangan peradaban di Indonesia nampak sebagai garis kontinum kesenjangan dari masyarakat yang telah berada pada tahap kemajuan sampai masyarakat yang masih memiliki budaya berburu dan meramu. Faktor geografis dan belum meratanya infrastruktur tentu menjadi faktor yang turut mempengaruhi, namun pendidikan selalu menjadi faktor kunci untuk menciptakan mobilitas sosial vertikal.

Perlu kebijakan dan upaya nyata dalam melakukan percepatan pembangunan pendidikan bagi daerah-daerah tertinggal untuk mewujudkan kesetaraan dan keadilan. Berangkat dari kesadaran bahwa pendidikan merupakan faktor kunci dalam upaya mewujudkan masyarakat yang maju dan sejahtera maka pendidikan perlu diletakkan sebagai prioritas kebijakan nasional, regional, maupun di tingkat unit kerja.

Pengalaman menunjukkan bahwa penyelenggaraan pendidikan di daerah tertinggal merupakan masalah yang kompleks. Banyak kendala yang disebabkan oleh faktor internal dari masyarakat tersebut tetapi juga banyak faktor eksternal yang mempengaruhi. Dalam konteks inilah maka pengalaman, pemikiran, dan kebijakan dari berbagai pihak selalu menjadi hal yang berharga untuk dipelajari kembali.

Berangkat dari kesadaran tersebut Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sanata Dharma bermaksud untuk menyelenggarakan Seminar Nasional sebagai forum untuk saling belajar dalam menyelenggarakan pendidikan bagi masyarakat tertinggal. Seminar nasional yang diselenggarakan ini diharapkan dapat menghasilkan rekomendasi pendidikan bagi masyarakat di daerah tertinggal sehingga percepatan kemajuan daerah tertinggal dapat segera terjadi.

Topik Call for Papers
a. Kebijakan, kepemimpinan, dan pengembangan profesionalitas guru di daerah 3T (Tertinggal, Terdepan dan Terluar).
b. Pendekatan, inovasi, dan model pendidikan bagi masyarakat daerah 3T.
c. Pembelajaran, teknologi, dan praktik baik pendidikan bagi masyarakat daerah 3T.
d. Manajemen pendidikan, kurikulum, hidden curriculum bagi masyarakat daerah 3T.

Luaran
a. eProsiding Ber-eISBN
b. Jurnal terakreditasi terbitan USD: IJIET dan IJHS (terindeks SINTA 4)
c. Direktori pengembangan sekolah daerah tertinggal dalam bentuk buku atau web (klik di sini untuk petunjuknya)

Tanggal Penting
28 Februari 2021: Deadline Abstrak
15 Maret 2021: Pengumuman Abstrak diterima
15 April 2021: Deadline Naskah/Artikel
16 April – 25 April 2021: Review Full Paper
25 April – 30 April 2021: Camera Ready
8 Mei 2021: Seminar

Ketentuan Penulisan dan Pengiriman Naskah
klik di sini

Registrasi
Langkah 1: Silakan registrasi sebagai Peserta atau Pemakalah, klik tombol berikut:
Langkah 2: Bagi yang registrasi sebagai Pemakalah setelah mengisi data bisa lanjut ke menu pengiriman naskah