Tentang Kami

Pusat Pelayanan Tes dan Konsultasi Psikologi

(P2TKP)

P2TKP merupakan pengembangan dari Lembaga Penyelidikan Pendidikan dan Pembinaan Kurikulum yang disingkat LP3K. LP3K didirikan oleh Romo Drs. Th. Verbeek, SJ. dan kawan-kawan sebagai pusat kajian Jurusan Pendidikan Umum saat lembaga pendidikan Sanata Dharma masih berupa Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Untuk keperluan internal, lembaga ini bertugas menyelenggarakan tes seleksi mahasiswa baru dan dosen-dosen USD. Sedangkan untuk pelayanan eksternal, lembaga ini banyak memberikan pelayanan tes kepada pihak-pihak yang membutuhkan di bidang pendidikan dan SDM organisasi maupun perusahaan.
Dari waktu ke waktu lembaga ini mengalami pengembangan terutama dalam ragam pelayanannya untuk merespons kebutuhan masyarakat yang semakin beragam pula. Setelah IKIP Sanata Dharma dikembangkan menjadi Universitas Sanata Dharma (USD) dan dibentuk lembaga penelitian di tingkat Universitas, aktivitas LP3K ditingkatkan sebagai salah satu kegiatan Lembaga Penelitian USD. Pada tahun 1995, lembaga ini resmi dikembangkan menjadi Pusat Pelayanan Tes dan Konsultasi Psikologi (P2TKP), serta saat ini memfokuskan diri pada pelayanan pengembangan sumber daya manusia yang meliputi tes, konsultasi, dan konseling psikologi.
Aktivitas P2TKP didukung oleh dosen-dosen yang memiliki kompetensi dalam berbagai bidang Psikologi, misalnya psikologi klinis, pendidikan, perkembangan, sosial, dan industri. Tak lupa juga melibatkan mahasiswa-mahasiswi Fakultas Psikologi sebagai Student Staff yang diseleksi cukup ketat karena membutuhkan pelayanan yang profesional. Berikut merupakan struktur organisasi P2TKP:
Pelayanan dilaksanakan dalam dua bentuk. Pertama, klien datang ke P2TKP pada saat jam kerja, yaitu hari Senin sampai dengan Jumat pada jam 08.00 hingga 15.30. Kedua, petugas P2TKP datang ke lembaga yang membutuhkan. Saat ini, P2TKP telah membantu banyak lembaga, baik itu lembaga pendidikan, rumah sakit, perusahaan, maupun bank. Di samping membantu berbagai lembaga, P2TKP juga melayani permintaan untuk kepentingan individual. Area kerja P2TKP meliputi hampir seluruh daerah di Indonesia.