Badan Eksekutif Mahasiswa

Universitas Sanata Dharma

BERITA

Panggung Ekspresi 2017: "Kobarkan Semangat Muda, Harmoni dalam Berkarya"
Pelantikan Kepengurusan BEM USD 2016/2017
Pelantikan Pengurus DPM USD, Presiden dan Wakil Presiden BEM USD 2016/2017
Studi Banding BEM USD 2015/2016
DAFTAR NAMA PANITIA FESADHA
Notulensi Forum Lesehan
Forum Lesehan 1: Aspiration as an Inspiration for Better USD
GARIS-GARIS BESAR HALUAN KEGIATAN ORGANISASI KEMAHASISWAAN UNIVERSITAS SANATA DHARMA
Seminar Pendidikan: Reimagine Teaching
Malam Final USD Talent 2016: Persaingan yang Menyatukan
hal. 1  2  3  
Pelantikan Kepengurusan BEM USD 2016/2017
18 July 2017
Pelantikan Kepengurusan BEM USD 2016/2017 :: BEM

Kepengurusan Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Sanata Dharma 2016/2017 telah resmi dilantik oleh Presiden BEMU periode 2015/2016 pada tanggal 10 Desember 2016. Pelantikan tersebut dihadiri oleh Romo Patrisius Mutiara Andalas, S.J., S.S., S.T.D. selaku Wakil Rektor III USD, perwakilan DPM USD 2015/2016, dan BEM USD 2015/2016 di ruang Multimedia Kampus III Universitas Sanata Dharma.

Kegiatan diawali dengan sambutan oleh Romo Mutiara Andalas. Beliau mengungkapkan bahwa selama satu tahun terakhir, Universitas Sanata Dharma mendapat apresiasi yang sangat tinggi pada level kegiatan mahasiswa dengan banyaknya kunjungan dari kampus-kampus besar di Indonesia. “The higher position you are, the greater service you are required.” Oleh karena itu, beliau mengharapkan konstribusi mahasiswa tidak terbatas hanya di internal lingkungan universitas, namun juga dalam skala nasional, khususnya dalam menanggapi persoalan kemanusiaan dan kebhinekaan Indonesia yang akhir-akhir ini perlu mendapat aksi nyata dari mahasiswa.

“Melalui organisasi kemahasiswaan, setiap tahun Universitas Sanata Dharma diberikan kesempatan untuk melahirkan pemimpin, bukan penguasa. Selamat kepada yang telah menyelesaikan tugas dan selamat kepada yang akan dilantik,” ujar Romo Mutiara Andalas mengakhiri sambutannya.

Pengucapan janji dan sumpah dipimpin oleh Herman Yosef Cahyono, Presiden BEM USD 2016/2017,  yang kemudian diikuti oleh sekretaris jendral, para menteri koordinator dan menteri serta staf setiap kementerian. Selama satu tahun ke depan, Kabinet “Driyarkara Bisa” terdiri dari 68 pengurus dari 11 kementerian yang siap berbakti kepada civitas akademika Universitas Sanata Dharma. Sebelas kementerian tersebut adalah Kementerian Informasi, Kementerian Desain Komunikasi Visual, Kementerian Relasi Himpunan, Kementerian Unit Kegiatan Mahasiswa, Kementerian Advokasi Mahasiswa, Kementerian Jaringan Eksternal, Kementerian Sosial Masyarakat dan Lingkungan, Kementerian Relasi Alumni, Kementerian Kaderisasi, Kementerian Kajian dan Strategi, dan juga Kementerian Manajemen Sumber Daya Mahasiswa.

Stop complaining, let’s do something.” ujar Herman Yosef Cahyono mengajak seluruh anggota BEM USD yang telah dilantik untuk ikut mengabdi kepada Universitas Sanata Dharma dan Indonesia.  

Herman Yosef Cahyono mengibaratkan bahwa pengabdian kita seperti fungsi kepala, hati, dan tangan. Kepala membuat kita mampu bekerja secara rasional, sedangkan hati cenderung mengambil tindakan secara emosional. Kedua elemen tersebut tidak dapat berdiri sendiri, dibutuhkan tangan yang mampu menyeimbangkan keduanya  untuk dapat bekerja secara sinergis.  Harapannya, hasil dari kolaborasi ketiga elemen tersebut dapat direalisasikan dalam berbagai aksi nyata yang sesuai dengan semangat Universitas Sanata Dharma yakni competence, conscience, dan compassion. (EP-SW)

 Bem Universitas Sanata Dharma     @usd_bem     @bemusdyk     usd.ac.id/bem     @BEM_USD     bemusd@usd.ac.id     BEM USD Official