Badan Eksekutif Mahasiswa

Universitas Sanata Dharma

Berita

Studi Banding BEM USD 2015/2016
Inisiasi Sanata Dharma (INSADHA) Januari 2016
DAFTAR NAMA PANITIA FESADHA
Notulensi Forum Lesehan
Forum Lesehan 1: Aspiration as an Inspiration for Better USD
GARIS-GARIS BESAR HALUAN KEGIATAN ORGANISASI KEMAHASISWAAN UNIVERSITAS SANATA DHARMA
Seminar Pendidikan: Reimagine Teaching
Malam Final USD Talent 2016: Persaingan yang Menyatukan
USD MENANAM 1000 POHON TAHAP 1
Wayang ala Sujiwo Tejo, Penuh Canda dan Dekat dengan Remaja
hal.  1   2    3  
Forum Lesehan 1: Aspiration as an Inspiration for Better USD
19/05/2016 11:38:56

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) beserta Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) Universitas Sanata Dharma menyelenggarakan Forum Lesehan (Forles) 1 pada tanggal 9 Mei 2016. Forles 1 kali ini bertempat di Hall Selatan Kampus III USD Paingan. Aspiration as an Inspiration for Better USD menjadi tema yang diangkat kali ini. Forles 1 bertujuan sebagai wadah agar aspirasi-aspirasi mahasiswa dapat didengar dan menjadi masukan bagi USD kedepannya.

Forum lesehan kali ini mengundang jajaran Rektorat USD, yaitu Rektor Drs. Johanes Eka Priyatma, M. Sc., Ph.D.;  Wakil Rektor I bidang akademik Drs. Tarsisius Sarkim, M.Ed., Ph.D.; Wakil Rektor III bidang kemahasiswaan Patrisius Mutiara Andalas, S.J., S.S., S.T.D.; dan Wakil Rektor IV bidang kerjasama Dr. Fx. Ouda Teda Ena, M.Pd., Ed.D. Acara ini dimulai pukul 18.00 WIB dan berakhir pukul 21.00 WIB. Meskipun diawali dengan hujan, akan tetapi peserta sangat berantusias mengikuti acara ini. Total peserta yang mengikuti Forles 1 tercatat berjumlah 165 orang.

Hal-hal yang dibahas dalam Forles 1 dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama membahas tentang birokrasi dan pelayanan (Bimbingan Rencana Studi, kesesuaian SKS dengan apa yang mahasiswa dapat, kegunaan uang kesehatan, program Student Exchange, area kampus bebas rokok, dan peminjaman ruang dan alat). Sedangkan, sesi kedua membahas tentang fasilitas yang ada di area kampus (Wi-Fi, kebersihan kamar mandi, layanan parkir, tempat parkir, fasilitas umum, dan kelayakan Student Center).

Sebagian besar sudah puas dengan fasilitas dan layanan yang telah disediakan oleh kampus. Akan tetapi, masih banyak juga saran yang diutarakan seperti dalam sesi satu; kurangnya kuota kelas yang akan diambil mahasiswa, belum meratanya sosialisasi tentang kegunaan uang kesehatan, kurangnya sosialisasi tentang program Student Exchange, dan kesulitan dalam peminjaman kelas atau alat kepada pihak kampus. Sedangkan kegelisahan mahasiswa yang sering muncul dalam sesi dua ialah Wi-Fi ­kampus yang tidak layak lagi digunakan karena sangat lambat, kurang bersihnya kamar mandi dibeberapa tempat di kampus, dan keamanan tempat parkir kampus.

Jika banyak mahasiswa mengira Forles merupakan diskusi kaku yang membosankan, itu adalah hal yang salah.  Forles 1 diisi oleh penampilan dari Juan, Future Band dan Beringin Rimbun. Para peserta juga dapat menikmati lesehan yang telah disediakan oleh para panitia. Semoga apa yang disampaikan mahasiswa tidak hanya berhenti disini. Akan tetapi, hal itu dapat menjadi masukan yang membangun baik bagi Universitas Sanata Dharma maupun bagi mahasiswanya. Sampai bertemu di Forum Lesehan 2! (RK)

 Bem Universitas Sanata Dharma     @usd_bem     @bemusdyk     usd.ac.id/bem     @sbb8543p     bemusd@usd.ac.id     BEM USD Official