Badan Eksekutif Mahasiswa

Universitas Sanata Dharma

Berita

Pelantikan Kepengurusan BEM USD 2016/2017
DAFTAR NAMA PANITIA FESADHA
Malam Final USD Talent 2016: Persaingan yang Menyatukan
USD MENANAM 1000 POHON TAHAP 1
Wayang ala Sujiwo Tejo, Penuh Canda dan Dekat dengan Remaja
Insadha Januari 2016 Hari Kedua, Awal dari Segalanya
Insadha Januari 2016 Hari Pertama, Belajar Mengenal Driyarkara
Mempererat Silaturahmi dengan Studi Banding
Forum Lesehan #3 Badan Eksekutf Mahasiswa Universitas Sanata Dharma
Aksi Bersama Universitas Sanata Dharma Peduli Lingkungan Hidup
hal.  1   2    3  
USD MENANAM 1000 POHON TAHAP 1
04/04/2016 23:35:08
USD MENANAM 1000 POHON TAHAP 1 :: BEM

Pada Minggu 3 April 2016, Kementerian Lingkungan Hidup BEMU Sanata Dharma beserta sejumlah peserta melakukan kegiatan USD Menanam 1000 Pohon Tahap 1 di hutan mangrove Pantai Baros, Yogyakarta. Peserta mulai berkumpul pada pukul 07.00 WIB dan menuju lokasi dengan bus yang telah disediakan oleh panitia. Kegiatan ini dilakukan guna melestarikan pohon Mangrove di tepi pantai dan membersihkan daerah sekitar dari sampah.

Setibanya di tempat, acara dimulai dengan dengan kata pembuka oleh Romo Patrisius Mutiara Andalas, S.J. Angga Dwi Putra, selaku ketua BEMU Sanata Dharma juga memberikan kata-kata penyemangat kepada para peserta. Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan arahan oleh Deni, selaku pengurus Keluarga Pemuda Pemudi Baros (KP2B). Beliau memberi pengarahan tentang apa saja yang akan dilakukan saat tiba di tempat penanaman, apa saja alat yang diperlukan, dan bagaimana cara menanam pohon yang baik. Hal ini dilakukan karena mengingat lokasi penanaman yang berdekatan dengan pantai sehingga tanaman sangat rawan terkena angin laut dan air pasang. Selesai memberi pengarahan, Deni pun mengajak peserta untuk terjun langsung ke lokasi penanaman. Panas dan tanah berlumpur pun tak menjadi penghambat. Peserta terlihat sangat menikmati bersentuhan langsung dengan alam. Kegiatan dilanjutkan dengan mengumpulkan sampah guna pemeliharaan hutan Mangrove tersebut.

Kegiatan hari itu berakhir dengan menuliskan kesan dan pesan di kertas kecil yang disediakan oleh panitia. Kegiatan ini sekiranya tidak menjadi pencitraan semata. Hal-hal yang telah diberikan alam kepada kita, haruslah kita jaga. Menanam pohon menjadi salah satu bukti cinta kita kepada alam. Menjauhkan alam dari sampah juga merupakan kewajiban kita. Semoga dengan kegiatan ini, kita dapat lebih peka terhadap alam dan isu-isu berkaitan yang tengah berkembang. (RK)

 

 

 Bem Universitas Sanata Dharma     @usd_bem     @bemusdyk     usd.ac.id/bem     @BEM_USD     bemusd@usd.ac.id     BEM USD Official