TITRASI 2020

Fakultas Farmasi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta telah melaksanakan Kegiatan TITRASI atau Tiga Hari Temu Akrab Farmasi untuk menyambut mahasiswa baru Fakultas Farmasi Universitas Sanata Dharma angkatan 2020. Kegiatan ini dimulai pada tanggal 29 Agustus 2020 untuk Pra-TITRASI dan dilanjutkan pada tanggal 5-6 September 2020 untuk TITRASI I dan II, semua kegiatan dan persiapan dilakukan di Ruang Drost Lantai 4 Gedung Utama Kampus 3 Paingan Universitas Sanata Dharma. Tujuan diadakannya kegiatan TITRASI selain untuk menyambut mahasiswa baru, adalah untuk memperkenalkan dan mempersiapkan mahasiswa baru pada dunia perkuliahan, khususnya di fakultas farmasi. Berbeda dari kegiatan TITRASI pada tahun-tahun sebelumnya, kegiatan TITRASI tahun ini dilaksanakan secara online menggunakan aplikasi zoom meeting, mengingat adanya pandemi covid-19. Namun pada pelaksanaannya, panitia tetap mengundang lima orang peserta TITRASI yang berdomisili di Yogyakarta untuk mengikuti kegiatan TITRASI secara offline di kampus bersama dengan panitia, tentunya dengan memperhatikan protocol kesehatan. Kegiatan TITRASI tahun ini bertajuk ”FAST (fair, responsible, tolerance) and Make It Happen” yang memiliki makna dapat bersikap sigap dan cepat dalam memutuskan suatu permasalahan (khususnya dalam dunia farmasi) sehingga dapat menjadi pribadi yang dapat bersinergi dengan ketiga nilai dasar yakni adil (fair), bertanggungjawab (responsible), dan toleransi (tolerance), untuk meraih dan mewujudkan apa yang menjadi tujuan dan impian bersama, agar mahasiswa baru siap menghadapi dinamika perkuliahan di Universitas Sanata Dharma.

Pra-TITRASI diawali dengan pembukaan jargon panitia dan peserta, yang dipimpin oleh pembawa acara Rachellyta Aurel dan I Gede Wira Darma Atmaja. Sebelumya, pada pukul 07.00 WIB, link zoom akan dibagikan ke peserta dan panitia. Setelah itu acara dilanjutkan dengan latihan gerak dan menyanyikan Jinle TITRASI 2020. Setelah intermezzo, acara dilanjutkan dengan pemutaran video perkenalan panitia TITRASI 2020. Setelah itu, ada sambutan dari Ketua Panitia, yakni Altha Cimas Melaga, dilanjutkan dengan pembacaan dan penjelasan aturan konsensus, Janji Peserta dan Janji Panitia. Kegiatan Pra-Titrasi diakhiri dengan penutupan dan dimpok fakultatif bersama dengan dampok masing-masing.

Pada TITRASI I, kegiatan diawali dengan pembukaan dan jingle TITRASI 2020. Setelah itu acara dilanjutkan dengan sambutan dari Dekan Fakultas Farmasi, Ibu Dr.Yustina Sri Hartini, Apt., selaku Dekan Fakultas Farmasi Universitas Sanata Dharma, yang mana juga membuka serangkaian kegiatan TITRASI 2020 secara simbolis.  Pada TITRASI I ini juga ada perkenaan dosen, karyawan, dan laboran, agar mahasiwa baru dapat mengenal seluruh civitas akademika Fakultas Farmasi yang mana akan ikut membantu dan menemai mahasiswa selama berkuliah di Fakultas Farmasi Sanata Dharma. Sedangkan Pada TITRASI II, diadakan game besar satu angkatan untuk menyusun puzzle, dimana tujuannya adalah untuk mengakrabkan satu angkatan 2020 dan juga mealtih komunikasi serta kerjasama. Selain itu juga ada penjelasan mengenai Pofasadha yang dibawakan oleh Ibu Putu Dyana Christasani M.Sc., Apt., dan juga sosialisasi kurikulum yang dibawakan oleh Ibu Dr. Christine Patramurti Apt., melalui zoom meeting selaku Kaprodi Fakultas Farmasi Univeritas Sanata Dharma. Pada TITRASI I dan TITRASI II, mahasiswa angkatan 2020 juga diberikan video expo untuk perkenalan BEMF dan juga UKF, serta lingkungan kampus Fakultas Farmasi, yang mana setiap pertanyaan akan dijawab oleh teman-teman pengurus BEMF, UKF, dan panitia yang bertugas secara langsung agar mahasiswa angkatan 2020 tidak merasa bingung dengan hanya melihat penjelasan melalui video. Selain itu, pada setiap akhir kegiatan di TITRASI I dan juga TITRASI II dilakukan konsensus oleh panitia divisi keamanan untuk mengevaluasi bersama kegiatan yang telah berjalan, dengan harapan baik dari peserta maupun panitia dapat bertanggungjawab dengan aturan yang telah disepakati bersama, sebelum akhirnya serangkaian acara ditutup oleh pembawa acara dan dilaksanakan dimpok fakultatif. Untuk evaluasi panitia sendiri dilaksanakan di akhir kegiatan secara online agar teman-teman panitia yang tidak dapat hadir secara langsung tetap dapat mengikuti evaluasi dan kedepannya kegiatan TITRASI dapat terlaksanakan dengan lebih baik lagi.

 

 


Dengan diadakan acara ini, diharapkan mahasiswa baru angkatan 2020 Fakultas Farmasi Universitas Sanata Dharma mempunyai gambaran tentang bagaimana perkuliahan di Fakultas Farmasi Universitas Sanata Dharma dan bisa menyesuaikan diri dengan cepat dan baik. Sayangnya, kegiatan puncak atau yang dikenal dengan TITRASI 3 yang biasanya dilakukan seminggu setelah TITRASI 2 belum bisa terlaksana karena pandemi ini. Semoga kedepannya, keadaan lekas membaik, pandemi segera berakhir, dan kita semua dapat bertemu kembali di kampus untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran secara offline.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *